June 5, 2012

Chronicle (2012)


Apa rasanya jika menonton film yang sebelumnya tidak pernah kita pikir akan menarik hati kita, ternyata setelah menonton filmya jauh diatas ekspektasi kira pada awlanya. Ya rasanya senang dan puas. Setidaknya itulah yang saya rasakan setelah menonton  film yang saya review kali ini, Chronicle.

Chronicle berkisah tentang tiga remaja mahasiswa biasa, Andrew (Dane DeHuun), Steve (Michael B. Jordan) dan Matt (Alex Russel) yang pada suatu hari menemukan sebuah gua dan di dalam gua tersebut mereka mendapatkan kekuatan telekinesis, yaitu bisa mengendalikan benda. Mereka pun bersenang-senang dengan kekuatan tersebut dengan menjahili orang. Sampai suatu hari Andrew yang sedang amarah karena kehidupan dirumahnya yang berat, menggunakan kekuatannya dengan brutal sampai membuat kota menjadi kacau.

Seandainya tidak melihat trailer dan mengetahui plot ceritanya, jika melihat awal film ini dimulai mungkin anda berpikir bahwa film ini hanyalah sebuah film remaja yang di bully begitu saja. Tapi tunggu sampai anda tahu apa maksud sebenarnya dari film ini. Cerita tentang manusia berkekuatan super mungkin sudah sangat-sangat banyak anda temui diluar sana. Sebut saja Superman, Spider-Man, ataupun Batman. Tapi Chronicle berbeda, karena film ini dibalut dengan format mockumentary. Mockumentary? Konsep film yang serig anda temui di film horror seperti The Blair Witch Project, Paranormal Activity, Cloverfield, dan [REC]. Ya mocku sekarang sudah ada yang mulai non-horror, film komedi Borat dan tahun ini yang akan rilis Project X.

Chronicle dibalut dengan visualisasi dan special effect yang sangat bagus. Sepertinya debut sutradara Josh Trank memanfaatkan budget-nya $12 Million dengan sangat baik. Tengok 20 menit terakhir Chronicle yang mengklimaks, penuh dengan gedung-gedung yang hancur, kebakaran besar. Terbang melayang di langit jual beli kekuatan. Penggunaan konsep mockunya juga lebih variatif, tidak hanya dari kamera biasa tapi juga dari kamera ponsel dan cctv. Membuat semuanya sangat realistis dan meyakinkan. Dan setiap film superhero selalu ada musuhnya kan, contohnya musuh Batman di The Dark Knight adalah Joker. Lalu siapa musuh ketiga remaja itu di film Chronicle ini? Ya musuh utama mereka adalah diri mereka sendiri.

Dari jajaran cast tidak ada yang terkenal, semuanya terbilang baru. Tapi artis baru bukan berarti kualitas aktingnya jelek. Justru semua cast di Chronicle berakting denga sangat bagus. Terlebih Dane DeHuun sebagai Andrew bermain sanagt total dan menjiwai sebagai seorang yang broken home. Dengan mengenai sinematografinya, jika rata-rata film mockumentary penggunaan shaky-camera yang kadang bagi sebagian orang akan pusing melihatya, pengambilan gambar yang bergoyang itu mungkin sangat mengganggu. Tapi di Chronicle tidak, pengambilan gambarnya bisa terbilang rapi dan mulus.

Secara keseluruhan Chronicle adalah sebuah film mockumentary-superhero-science fiction yang sangat bagus. Dengan para cast-nya yang bermain bagus, special effect-nya yang aduhai, dan ceritanya yang menarik untuk diikuti. Anda tidak akan merasa kebosanan dalam durasi 90 menit film ini. Dan sepertinya Chronicle berpotensi untuk masuk dalam list film favorit saya tahun ini!

8/10


No comments:

Post a Comment