Pages

September 16, 2012

Mubi.com (Social Media untuk Pecinta Film)



Mubi is an online cinema and community for people who love film

Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih buat bro Janitra dari Romantic | Superhero, yang sudah membuat feature tentang Social Media untuk Pecinta Film. Karena berkat dialah saya jadi mengetahui Mubi. Akhirnya empat hari yang lalu saya membuat akun di Mubi dan harus saya akui saya puas dengan sosial media yang satu ini.

Mubi (mubi.com) diluncurkan pertama kali pada Februari 2008 dengan nama The Auteurs, penciptanya adalah Efe Cakarel (Turki). Mubi adalah salah satu jejaring sosial bagi para pecinta film, bisa dibilang Mubi adalah Facebooknya para cinephiles. Banyak fitur-fitur di Mubi yang diadopsi dari Facebook, seperti fitur wall, message, like. Mubi juga mengadopsi sistem follow di Twitter, jadi di Mubi tidak ada yang namanya pertemanan seperti di Facebook.

Di Mubi kalian bisa memberikan rating film menurut selera kalian masing-masing. Rating di Mubi berkisar 1 sampai 5 bintang. Dan disetiap halaman film di Mubi memberikan informasi tentang data film yang cukup lengkap seperti cast, crew, profil sutradara, rating, sinopsis, trailer dan film terkait. Mubi mempunyai perbendaharaan database film yang cukup lengkap hampir di seluruh benua. Tapi mereka lebih berfokus pada film jaman dahulu dan film-film Amerika serta Eropa. Namun sayang, sama seperti bro Janitra, jika anda pecinta film Thailand misalnya, anda akan sedikit kesulitan mendapatkannya.


Apa yang paling saya sukai dari Mubi adalah fitur-fitur di profil akunnya. Di profil akun Mubi terdapat biodata anda, film favorit anda, sutradara favorit anda, film yang ingin anda tonton, list film kesukaan anda, style film kalian, dan film yang sudah kalian rating. Dan itu sangatlah menarik dan seru menurut saya. Mubi juga bekerja sama dengan situs jejaring sosial lainnya yaitu Facebook dan Twitter, kalian bisa login Mubi dengan menggunakan akun Facebook. Dan fitur-fiturnya yang juga bisa di-link atau di-share ke Facebook dan Twitter.

Mubi tidak hanya tentang situs jejaring sosial semata, disini kita juga bisa berforum ria. Kalian bisa turut ikut serta dan berkomentar membahas semua tentang dunia perfilman bersama dengan pengguna lainnya diseluruh dunia. Di fitur notebook anda juga bisa membaca review-review film dan mendapatkan informasi mengenai festival-festival film di seluruh dunia. Selain itu juga kalian bisa menonton beberapa judul film disini yang tentunya harus berbayar.

Dari segi tampilan, desain dan tata letak Mubi bergaya minimalis yang fungsional menurut saya. Sehingga dapat dipahami secara mudah oleh penggunanya. Membuat proses loading halamannya tidak terlalu berat dan lama. Jadi bagi kalian yang internetnya lelet jangan khawatir.

So, jika kalian mengaku pecinta film maka saya rasa Mubi adalah sosial media yang wajib anda punya. Jika kalian masih merasa belum puas atas fasilitas yang diberikan Mubi, kalian bisa mencoba sosial media untuk para pecinta film yang lain, ada Miso, GetGlue, iCheckMovies, Letterboxd, dll. Dan follow Mubi saya disini ya!

No comments:

Post a Comment