November 9, 2012

Sunny (2011)


Masih lekat diingatan saya bagaimana debut sutradara Kang Hyeong-cheol, sukses menyihir saya dan jutaan penonton lainnya lewat film romantic comedy keluarga berjudul Speedy Scandal 2008 silam. Dalam debut pertamanya itu dia berhasil membawa Speedy Scandal bertengger di posisi 9 dalam top 15 highest grossing Korean films. Lalu 3 tahun kemudian, tahun 2011 dia menyutradarai film keduanya berjudul Sunny film tentang persahabatan remaja manis, dan dia juga berhasil membawa Sunny masuk dalam top 15 highest grossing Korean films pada posisi 14.

Sunny bercerita tentang pertemuan Im Na-mi (Yoo Ho-jeong) dan Ha Chun-hwa (Jin Hee-kyung) di sebuah rumah sakit setelah 25 tahun lamanya berpisah. Ha Chun-hwa mengidap kanker dan usianya diperkirakan tidak akan lama lagi. Ha Chun-hwa pun meminta satu permintaan terakhirnya sebelum meninggal dunia kepada Im Na-mi, yaitu bertemu dengan semua anggota Sunny. Di saat pencarian Im Na-mi menemukan anggota Sunny yang lain, dia mengenang kembali suka-duka Sunny ketika remaja dulu. Im Na-mi remaja (Shim Eun-kyung) yang dulunya seorang siswi pindahan dari daerah pedesaan Korea sampai dia diterima menjadi anggota Sunny, diketuai Ha Chun-hwa (Kang So-ra) ada pula Kim Jang-mi (Kim Min-young), Hwang Jin-hee (Park Jin-hoo), Seo Geum-ok (Nam Bo-ra), Ryu Bok-hee (Kim Bo-mi), dan Jung Su-ji (Min Hyo-rin). Jadi, berhasilkan Im Na-mi mengumpulkan Sunny untuk mengabulkan permintaan terakhir sahabatnya itu?

Selain tentang drama persahabatan, di Sunny juga terdapat beberapa unsur komedi menyegarkan, berkelas dan tidak pasaran yang dapat memancing tawa. Lalu ada juga unsur romansa yang untungnya tidak kelewat batas mengganggu tema persahabatannya. Ya seperti kebanyakan film drama Korea lainnya, menjelang akhir film Sunny berubah agak mengharu biru dan dipenuhi dengan problematika remaja, baik dari internal maupun eksternal. Mulai dari cinta segitiga antara Na-mi, Su-ji  dan teman kakak Jang-mi. Lalu permasalahan dengan teman sekelas mereka Sang-mi (Cheon Woo-hee). Sampai sebuah kejadian menimpa Su-ji dan membuat Sunny menjadi terpecah memisahkan mereka semua.

Sutradara film ini yang sebelumnya juga pernah menyutradarai Speedy Scandal Kang Hyeong-cheol membagi plotnya menjadi dua bagian yang seimbang. Kedua plot itu kemudian berjalan bergantian secara dinamis dan relevan bersama dengan alur maju-mundurnya dengan dukungan cast-nya yang bermain apik, baik dari para junior ataupun seniornya. Semua itu juga didukung dengan setting Korea Selatan era 80-an dengan tembang-tembang lawas dari Boney M - Sunny yang menjadi salah satu soundtrack di film ini, lalu dukungan kostum, tata rias dan segala pernak-pernik jadulnya, serta keadaan masyarakat Korea Selatan pada saat itu yang semuanya sukses menambah esensi dalam menontonnya membawa kita mengingat kembali kenangan indah masa lalu.

Secara keseluruhan Sunny adalah sebuah film dengan kombinasi kisah pahit-manis tentang persahabatan remaja berpadu dinamis dengan cerita pertemuan kembali sahabat lama yang telah dewasa tanpa menjadi terlalu sentimentil dan men-sinetron hingga kemudian diakhiri oleh sebuah ending bagus dan menyentuh ditambah dukungan aroma nostalgia yang kental. Film ini sangat direkomendasikan untuk anda yang mau bernostalgia mengingat kembali masa-masa indah dibangku sekolah bersama dengan sahabat-sahabat anda dulu.

8/10


No comments:

Post a Comment