November 29, 2012

The Thieves (2012)


Hal pertama yang membuat saya ingin menonton film ini adalah ketika saya mengetahui bahwa The Thieves is the second highest grossing movie in Korean film history dengan admissions 12,982,148 dibawah peringkat pertama The Host. Saya pun langsung mencari film ini lalu menontonnya dan saya puas.

The Thieves a.k.a. Dodukdeul bercerita tentang geng pencuri professional dari Korea yang dipimpin Popeye (Lee Jung-jae) terdiri dari Chewing Gum (Kim Hae-sook), Anycall (Jeon Ji-hyun), Jampano (Kim Soo-hyun) dan Pepsi (Kim Hye-soo) lalu mereka bergabung dengan geng pencuri dari Hong Kong, Chen (Simon Yam), Julie (Angelica Lee) dan Johnny (Derek Tsang) mereka semua nantinya akan dikomandani oleh Macau Park (Kim Yoon-seok) untuk melakukan sebuah aksi pencurian berlian bernilai 30 juta dolar.

Dibuka dengan opening yang belum-belum apa-apa sudah langsung membuat saya senang terkesima melihat bagaimana cerdasnya aksi pencurian barang di awal film. Lalu berlanjut dengan tahap pembentukan kelompok dan perencanaan. Setelah itu sebuah pencurian professional pun dimulai. The Thieves tidak hanya berbicara tentang pencurian semata, tapi The Thieves juga punya pengembangan plotnya. Mulai dari romansa yang terjalin antar para karakternya serta intrik-intrik lainnya sampai aksi penghianatan yang benar-benar membuat ceritanya semakin menarik. Tapi justru pengembangan plot itu membuat cerita menjadi sedikit berbelit-belit sehingga berimbas kepada penyelasaian ending-nya yang memakan durasi panjang sampai dua jam lebih. Untungnya segala kekurangan tersebut sirna seketika melihat aksi baku tembaknya yang menghibur plus selipan bumbu komedi yang dimanfaatkan dengan baik. Ditambah lagi hal-hal teknis seperti sinematografi dan scoring music-nya yang semuanya disuguhkan dengan sangat apik.

Entah apa yang membuat The Thieves begitu digandrungi di Korea sana, tapi satu hal yang bisa saya tangkap mungkin jajaran ensemble-cast-nya yang bisa dibilang terkenal, misalnya Jeon Ji-hyun aktris cantik yang kita kenal lewat film romantic-comedy fenomenal My Sassy Girl. Lalu Kim Soo-hyun yang diidam-idamkan para kaum hawa lewat drama Dream High-nya. Begitu juga dengan para cast lainnya yang juga sama terkenalnya di Korea sana. Ditambah lagi dengan keterlibatan artis-artis dari Hong Kong yang juga terbilang sangat terkenal macam Angelica Lee dan Simon Yam. Dan dari sekian banyak cast di film ini, Choi Dung-hun sutradara film ini berhasil membagi porsi semua karakternya dengan pas dan seimbang. Kita tidak akan merasakan salah satu dari karakternya yang lebih menonjol misalnya.

Overall, The Thieves adalah sebuah film action-crime bertema heist dari Korea yang sangat menghibur. Memang bukan yang terbaik di genrenya. Tapi jangan lupa The Thieves adalah film dengan pendapat terbanyak kedua sepanjang sejarah Korea. Fantastis!

7.5/10


No comments:

Post a Comment