January 2, 2013

Fresh to Move On (2012)

Setelah tujuh tahun yang lalu film romantic-comedy Joko Anwar yaitu Janji Joni, sebuah rom-com yang sederhana namun unik, salah satu rom-com Indonesia favorit saya. Saya pun rindu dengan kecerdasan Joko dalam membuat film rom-com lagi. Sampai akhirnya bulan Desember 2012 lalu Joko menelurkan sebuah film pendek rom-com berjudul, Fresh to Move On.

CloseUp, salah satu merk pasta gigi ternama di Indonesia mengadakan kompetisi dengan tajuk CloseUp Freshformance beberapa waktu lalu. Terdiri dari tiga kategori, yaitu Fresh Sciptwriting, Fresh Original Soundtrack, dan Fresh Costume Design. Setelah mendapatkan pemenangnya, karya para pemenang itu diwujudkan dalam sebuah film pendek yang berjudul Fresh to Move On yang disutradarai oleh Joko Anwar, original soundtrack akan diisi oleh grup band Payung Teduh, dan kostum dibuat oleh Kleting. Mereka bertiga juga sekaligus sebagai juri untuk kompetisi ini.

Fresh to Move On bercerita tentang seorang wanita (Tara Basro) yang baru saja putus dengan pacarnya (Fachri Albar). Agar segala kegalauannya itu hilang, dia pun mendapat saran dari temannya untuk membaca sebuah buku tentang 7 tips move on setelah putus cinta. Lalu bagaimana kelanjutannya, apakah wanita tersebut mampu move on dari kegalauannya itu? Atau malah sebaliknya.

Adanya nama Joko Anwar dibangku sutradara sekaligus penulis skenario untuk film pendek ini, sudah cukup untuk membuat saya sangat yakin akan kualitas dari Fresh to Move On. Ceritanya yang sangat menarik untuk diikuti meskipun klise. Beberapa dari cerita di film pendek ini ada yang terinspirasi dari ide cerita pemenang kategori Fresh Sciptwriting, yakni Sarah D. Firdausy dan Juni Yusnita. Lalu lagu Seruan Cinta dari Komang Sudarma yang menjadi pemenang Fresh Original Soundtrack dan dimainkan oleh Payung Teduh sangat bagus dan pas, iringan musiknya yang pas ditempatkan dibagian yang tepat untuk membuat penonton ikut masuk merasakan atmosfir romansanya. Lalu dari segi kostum juga tidak kalah bagusnya, Fresh Costume Design yang dimenangkan Agung Febrianto dan Silvy Dwianti.

Overall, Fresh to Move On sebuah film pendek yang manis, menyenangkan, mampu mengobati kerinduan saya terhadap rom-comnya Joko Anwar. Sebagai penutup saya rangkum 7 tips move on di film Fresh to Move On ini:  1. Ganti nama mantan pacar kamu di semua contact list | 2. Spending time dengan orang yang sama sekali tidak into romance | 3. Jangan pernah lihat social media mantan kamu | 4. Tidak boleh pergi ke tempat-tempat yang dulu kamu pernah pergi sama mantan kamu | 5. Lakukan semua hal yang dulu sering dilarang mantan kamu | 6. Nge-date | 7. Rekonsiliasi, temuin mantan kamu dan mulai hubungan sebagai teman biasa.

7.5/10

No comments:

Post a Comment