March 4, 2013

Anna Karenina (2012)

Dengan mengantongi 4 nominasi Oscar, dan 1 diantaranya berhasil dibawa pulang, yaitu kategori Best Costume Design. Tentu saya penasaran apa yang hendak ditawarkan dari film karya Joe Wright ini, Anna Karenina.

Anna Karenina yang berlatar di Rusia tahun 1847, yang mana Anna Karenina (Keira Knightley) seorang wanita yang sudah mempunyai anak dengan suaminya, Alexei Karenin (Jude Law). Hubungan suami-istri yang awalnya berjalan harmonis. Lambat laun berubah ketika Anna melakukan perjalanan untuk mengunjungi kakaknya, Oblonsky (Matthew McFayden). Dalam perjalanan, Anna dipertemukan dengan seorang pria bernama Count Vronsky (Aaron Taylor-Johnson). Pertemuan itupun yang menjadi awal cinta mereka bersemi. Tapi dengan status Anna yang sudah menjadi istri seseorang, atas nama cinta dia pun harus melakukan hubungan terlarang.

Diangkat dari novel berjudul sama karya Leo Tolstoy, Anna Karenina besutan Joe Wright ini dibalut dengan tata produksi yang bukan main-main. Bagaimana Wright mengemas Anna Karenina dengan set panggung drama. Lihat saja bagaimana pergantian set-set panggungnya berpindah dengan halus. Dipadu dengan kualitas tata produksi kelas atasnya. Sinematografi indah dari Seamus McGarvey, desain kostum ciamik dari Jacquellin Durran, scoring apik dari Dario Marianelli, lalu tata rias & rambut kelas jempolan dari Ivana Primorac, tidak ketinggalan juga aspek teknis lainnya macam tata music, production design yang juga tidak kalah menterengnya. Selanjutnya naskah cerita yang ditulis Tom Stoppard, dengan tata produksi yang bagus ternyata tidak diikuti dengan jalan ceritanya. Saya suka dengan cerita cinta terlarang antara Anna dan Vronsky, sangat suka malah. Yang tidak terlalu saya sukai adalah pada subplotnya, kisah cinta antara Konstantin Levin (Domhnall Gleeson) dan Kitty (Alicia Vikander), cerita tambahan terlalu gimana gitu, seakan saya tidak ingin terlalu peduli dan mementingkannya.

Dari jajaran akting, Anna Karenina mempunyai ensemble-cast yang bagus, terlebih lagi untuk pemeran utamanya. Keira Knightley, yang untuk ketiga kalinya bekerjasama dengan Wright bermain sangat bagus, mampu memberikan penampakan seorang wanita yang memang sedang merasakan masalah dengan gejolak cinta. Aaron Taylor-Johnson, yang saya kenal dengan si culun di Kick-Ass, diluar dugaan tampil gemilang. Dengan perbedaan usia antara Knightley dan Taylor-Johnson, yang mana Knigtley 5 tahun lebih tua. Mereka mampu menghadirkan chemistry yang cukup terjalin dengan baik. Lalu ada nama Jude Law, aktor senior yang juga bermain tidak kalah gemilangnya dengan para junior-juniornya. Jangan lupakan juga para pendukung-pendukungnya macam, Kelly Macdonald, Matthew Macfayden, Emily Watson.

Secara keseluruhan Anna Karenina adalah sebuah film yang ambisius dari segi tata produksinya. Ya, saya rasa sangat pantaslah Anna Karenina mendapat empat nominasi Oscar kemarin; best original score, best cinematography, best production design dan best costume design. Apalagi untuk desain kostum berhasil menjadi pemenang. So, Anna Karenina adalah sebuah film adaptasi klasik dari seorang Joe Wright dengan kualitas tata produksi tingkat dewanya yang terpampang nyata dalam durasi 130 menitnya plus didukung dengan akting jajaran pemainnya yang tampil gemilang.

7.5/10

No comments:

Post a Comment