May 7, 2013

Akeelah and the Bee (2006)


Direkomendasikan oleh dosen, saya mendonwloadnya, saya menontonnya, saya pun puas. Mungkin itu sedikit chit-chat ngga penting dari saya. Langsung aja baca reviewnya Akeelah and the Bee.

Akeelah and the Bee mengisahkan tentang remaja perempuan berumur 11 tahun bernama Akeelah Anderson (Keke Palmer) yang duduk dibangku SMP. Singkat cerita dia mengkikuti seleksi untuk mewakili sekolahnya di ajang spelling bee, dia pun lolos. Lalu mengkuti kompetisi tingkat regional. Hingga ke tingkat nasional bernama Scripps National Spelling Bee. Namun perjuangannya itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Jujur sebenarnya Akeelah and the Bee sama sekali tidak menyuguhkan sesuatu yang spesial, semua tersaji layaknya tipikal film drama inspirasional kebanyakan, klise dan mudah ditebak. Namun semua ketidakspesialaan itu berhasil ditangkis keras oleh Doug Atchison selaku sutradara dan penulis cerita film ini. Dia berhasil menjadikannya sebuah tontonan keluarga yang menghibur dan juga inspirasional. Dan seperti kebanyakan film sejenis ini selalu ada momen-momen yang didramatisir serta lengkap dengan segala petuah-petuah motivasinya. Tanpa harus terlihat terlalu sentimental atau banjir air mata dan tisu. Apalagi dengan ditambahnya elemen berlabel keluarga dan persahabatan. Sangat mengasyikkan sekali melihat perjuangan Akeelah mengejar impiannya menjadi juara 1 kompetisi spelling bee selama hampir dua jam.

Oke abaikan sejenak mengenai ceritanya. Mari membahas teknisnya. Scoring-music jempolan arahan Aaron Zigman yang tepat sasaran ditempatkan dibagian-bagian yang pas membuat hati penonton ikut terbawa suasana. Lalu dari jajaran cast, Keke Palmer yang berperan sebagai Akeelah yang menjadi tokoh sentral di film ini bermain dengan sangat bagus. Dengan teknik penyutradaraan hebat sang sutradara berhasil memaksimalkan pesona seorang Keke Palmer dengan sangat baik. Tidak ketinggalan juga pemeran pendukung serta aktor dan aktris cilik yang juga bermain dengan gemilang memerankan peran mereka masing-masing, seperti Laurence Fishburne, Curtis Armstrong, J.R. Villareal, Sean Michael Afable, ya meskipun ada beberapa diantara mereka ada yang terlihat overact.

Secara keseluruhan Akeelah and the Bee adalah sebuah drama keluarga yang bagus dengan segala pesan-pesan moralnya, menyampaikan sebuah semangat luar biasa pantang menyerah menggapai impian dengan balutan keindahan spelling yang indah. Sama sekali tidak merasa bosan dalam durasi 112 menit film ini. Sangat direkomendasikan untuk anda yang suka dengan drama keluarga inspirasional dan untuk anda yang sedang mencari referensi media bahan belajar pelajaran bahasa Inggris khususnya tentang spelling.

7.5/10



No comments:

Post a Comment