May 13, 2013

Evil Dead (2013)


Sebelum trilogy Spider-Man versi Tobey Maguire, nama seorang Sam Raimi sudah jauh terkenal terlebih dahulu lewat film horror The Evil Dead tahun 1981 silam. Yang katanya sebagai film horror terbaik dalam sejarah perfilman dunia yang pernah dibuat oleh manusia. Dan tahun ini bergerak sebagai produser bekerja sama dengan sutradara Fede Alvarez membuat remake untuk film tersebut, Evil Dead.

Evil Dead mengisahkan lima orang remaja; David (Shiloh Fernandez), Eric (Lou Taylor Pucci), Mia (Jane Levy), Olivia (Jessica Lucas) dan Natalie (Elizabeth Blackmore) yang sedang “berlibur” ke sebuah pondok di hutan untuk menyembuhkan Mia atas ketergantungannya terhadap narkoba. Namun rencana pun berubah ketika mereka menemukan sebuah buku diruang bawah tanah. Sampai salah satu diantara mereka membaca mantra yang ada dibuku tersebut yang membuat bangkitnya arwah yang merasuki dan membunuh mereka.

Jujur, saya belum pernah menonton versi asli The Evil Dead yang legendaris itu, apalagi sequelnya Evil Dead II dan Army of Darkness. Jadi bermodalkan tidak tahu-menahu dan tidak ingin tahu mengenai jalan ceritanya, saya pun menontonnya. Well, me-remake sebuah film memang tidak mudah apalagi horror, besar kebanyakan akan berakhir dengan kekecewaan, tapi untuk kasus Evil Dead sedikit berbeda. Sutradara muda asal Uruguay, Fede Alvarez yang duduk dibangku sutradara melakukan tugasnya dengan baik. Tanpa harus terlihat menjiplak habis versi aslinya namun juga tidak melupakan pendahulunya, membuat versinya dengan berbeda dan segar. Jika melihat plotnya mungkin akan terdengar klise. Lihat saja dimana ada sekelompok remaja liburan di cabin, mungkin anda sudah mengetahui jalan cerita selanjutnya. Contoh yang paling fresh The Cabin in the Woods misalnya.

Bicara film sadis tentu tidak afdol jika tidak bicara tingkat kesadisannya. Di Evil Dead semua yang anda harapkan dari sebuah film gore, ada disini. Mulai dari adegan potong-memotong tubuh, banjir darah, hingga bermain-main dengan pistol, nail gun, dan gergaji mesin. Ya, saya yakin semua penggemar film sinting akan kegirangan melihatnya. Jadi wajar saja jika ratingnya R dan trailernya saja diberi red band. Ditambah lagi dengan aspek teknisnya yang ciamik. Scoring-music arahan Roque Baños yang menambah aura seramnya semakin terasa. Tatariasan para setan-setannya juga apik. Lalu sinematografi gelap nan suramnya. Serta penampilan gemilang akting para jajaran cast-nya yang tidak bisa dibilang jelek. Ya, tagline-nya The Most Terrifying Film You Will Ever Experience memang kelihatan berlebihan, tapi percayalah itu bukan embel-embel semata.

Secara keseluruhan Evil Dead adalah sebuah remake dari film horror-gore klasik yang sangat-sangat menyenangkan dan menghibur. Selama 92 menit anda akan diberi pengalaman sinematis paling mengerikan yang pernah kamu alami seperti yang tulis di tagline-nya. Great job untuk Mr. Fede Alvarez yang sudah mengerjakan tugasnya dengan baik, anda tidak perlu harus menjadi deadites untuk menyukai Evil Dead. Biarkan dia memperkenalkan semuanya dengan caranya sendiri mengalir dan anda pun dibuatnya senang.

8/10


No comments:

Post a Comment