May 31, 2013

Side Effects (2013)

Steven Sodenberg, setelah sekses dengan Contagion tahun 2011 lalu. Sebuah film thrilller yang menyoroti dunia medis. Mungkin mencoba menuai hasil yang sama seperti pendahulunya. Tahun ini dia kembali membuat film dengan tema yang sama yakni obat-obatan, Side Effects.

Side Effects mengisahkan tentang Emily Taylor (Rooney Mara) seorang wanita yang mengalami rasa depresi, pasca mendekapnya sang suami ke penjara, Martin (Channing Tatum), bahkan sempat beberapa kali melalukan percobaan bunuh diri. Dia pun pergi ke seorang psikiater bernama Jonathan Banks (Jude Law), setelah sebelumnya juga pernah berkonsultasi dengan psikiaternya terdahulu, Victoria Siebert (Catherine Zeta Jones). Dia pun diberi obat anti-depresi bernama Ablixa, dan ternyata obat tersebut memiliki efek samping yang membuat hidupnya semakin rumit.

Naskah cerita yang ditulis oleh Scott Z. Burns sedari menit awal memang sudah dibuat dengan rapi sedemikian rupa dengan segala intrik dunia medisnya yang misterius. Diberikan twist demi twist yang cerdas. Tensi cerita yang naik turun. Ditambah lagi dengan teknik penyutradaraan yang apik dari Steven Soderbergh. Tone dan pengambilan gambarnya yang membagun suatu atmosfir dan kesan yang depresif serta misterius. Contohnya seperti adegan pembuka yang menyoroti sebuah gedung kemudian semakin mendekat. Apalagi dengan scoring-music ciamik dari Thomas Newman yang semakin membuat atmosfer yang diharapkan sang sutradara semakin terasa. Film ini juga mengangkat isu-isu seperti kriminal, lesbian dan percintaan.

Dari departemen akting sepertinya tidak ada arang melintang, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari jajaran aktor-aktris papan atasnya. Namun kredit terbesar di film ini jelas diberikan kepada Rooney Mara, wanita muda ini dengan baik memerankan tokoh sentral Emily dengan total, dengan tatapan mata depresi dan gerakan tubuhnya itu berhasil ditampilkannya dengan meyakinkan. Saya semakin suka dengan wanita muda satu ini semenjak kehadirannya di The Social Network dan The Girl with the Dragon Tattoo. Lalu ada Jude Law mengemban karakter penting disini berhasil disuguhkannya dengan gemilang. Kemudian Catherine Zeta Jones yang walaupun kehadirannya baru muncul disaat pertengahan menjelang akhir tapi aktingnya disini tidak bisa dikatakan jelek, baguslah. Sedangkan Channing Tatum sepertinya hanya menjadi pemanis saja disini, tapi penampilannya cukup bagus.

Secara keseluruhan Side Effects adalah sebuah drama-thriller yang memuaskan dan bagus. Memiliki fondasi yang kokoh diawal hingga diakhir ditutup dengan sebuah klimaks yang mengejutkan. Dibalik segala intrik dunia farmasinya yang misterius, depresif, dibalut dengan teknik penyutradaraan cerdas dari Steven Soderbergh serta aspek teknisnya yang jempolan dan jajaran cast-nya yang bermain gemilang.

7.5/10

No comments:

Post a Comment