June 8, 2013

The Hangover Part III (2013)

Setelah The Hangover tahun 2009 silam, sebuah film komedi yang sangat brilian. Lalu melahirkan sekuel keduanya, The Hangover Part II, yang mendapat kritikan pedas karena menjiplak habis pakem dari film pertamanya. Todd Phillips, sang sutradara sepertinya sadar atas kesalahannya 2 tahun lalu. Tahun ini dengan mengikuti trend sekarang yakni menutup sebuah franchise dengan trilogy, menjanjikan film yang berbeda dengan dua seri sebelumnya, The Hangover Part III.

The Hangover Part III mengisahkan Alan (Zach Galifianakis) yang secara tidak sengaja membunuh seekor jerapah yang akhirnya mengakibatkan lalu lintas kacau. Teman-temannya pun, Phil (Bradley Cooper), Stu (Ed Helms) dan Doug (Justin Bartha) berencana untuk mengirim Alan ke tempat rehabilitasi di Arizona. Dalam perjalanan menuju tempat tersebut mereka dicegat oleh sekelompok mafia yang dipimpin oleh Marshall (John Goodman). Mereka dicurigainya memiliki hubungan dengan Leslie Chow (Ken Jeong), yang telah mencuri emas milik Marshall. Mereka pun diberi waktu 3 hari untuk menangkap Chow.

Dengan disutradarai dan naskah cerita yang ditulis sendiri oleh Todd Phillips dan dibantu oleh Craig Mazin. Tidak lagi memakai pakem awalnya, yaitu hangover. Menggantinya dengan formula baru dengan petualangan berbau crime-heist. Diatas kertas terlihat menjanjikan. Namun yang terjadi dilapangan berbeda. Ceritanya yang tidak solid melompat-lompat dari satu kota ke kota yang lain. Untuk komedinya masih kasar, jorok dengan segala sumpah serapah dan caci makian. Memang ada yang memancing tawa, namun ada juga yang garing. Untungnya The Hangover Part III masih punya bagian-bagian yang menarik, seperti bagian action-crime-nya atau saat after credit-nya.

Masalah teknis, semuanya bagus. Sinematograpi oke. Pemilihan serta penempatan soundtrack dan scoring yang ditempatkan dibagian yang pas. Lalu dari jajaran cast, Zach Galifianakis dan Ken Jeong yang memiliki porsi sedikit lebih banyak dari pada yang lain, cukup berhasil mengemban tugas sebagai pusat kelucuan dengan segala kegilaannya. Bradley Cooer dan Ed Helms bermain stabil, chemistry para anggota wolfpack masih hangat terasa. Justin Bartha seperti biasa selalu hadir di awal dan di akhir film saja. Lalu masuknya cast baru seperti John Goddman dan Mellisa McCarty cukup memberikan nuansa yang segar terhadap jalannya cerita. Selain itu ada juga reuni dengan kembalinya kehadiran Ed Epps dan Heather Graham serta si bayi Carlos.

Secara keseluruhan The Hangover Part III adalah sebuah sajian komedi benar-benar menghibur dan menyenangkan. Jika saya seorang yang bertujuan menonton film ini untuk terhibur dan tertawa, ya saya mendapatkannya, saya terhibur. Tapi jika saya seorang yang bertujuan lain, seperti melihat aspek ceritanya. Rasanya tagline-nya yang The Epic Finale itu terlalu berlebihan. Terlihat sekali jerih payah Todd Phillips untuk membuat seri penutup ini agar terlihat epic, saya hargai itu. Tapi sayang, not epic.

7/10


No comments:

Post a Comment