July 8, 2013

Borat (2006)

Sudah menonton The Dictator tahun lalu? Jika anda berpikir itu adalah sebuah sajian komedi yang cukup kontroversi dan gila. Memang sama-sama diperankan oleh Sacha Baron Cohen, tapi tunggu sampai anda menonton film Cohen yang satu ini, Borat.

Film yang berjudul asli Borat: Cultural Leanings of America for Make Benefit Glorious of Kazakhstan ini mengisahkan tentang Borat Sagdiyev (Sacha Baron Cohen), seorang warga Kazakhstan yang ditugaskan negaranya untuk pergi ke Amerika bersama produsernya, Azamat Bagatov (Ken Davitian) untuk mempelajari budaya disana agar bisa diterapkan di negara asalnya dan bisa membuat maju.

Film ini dibungkus dengan gaya mockumentary. Tentu sebuah sajian komedi yang segar. Dibuka dengan perkenalan Borat dan lingkungannya di kekumuhan salah satu kota di Kazakhstan, Larry Charles, sang sutradara mencoba memberikan ruang kepada penonton untuk mengenal siapa Borat. Dan disaat Borat pergi ke Amerika, kegilaan pun ditingkatkan dua kali lipat. Dipenuhi dengan humor-humor satir, kasar, vulgar, cerdas dan tidak murahan. Yang mungkin akan kita pandang menjijikan, tapi diluar sana sangatlah lucu, dan saya tertawa. Ya, film ini memang tampak kontrovertif, komedi satir yang diperlihatkan secara offensif mengenai Yahudi, Muslim, Amerika dan lain-lain. Selain pada fokus cerita perjalanan Borat di Amerika, film ini juga memiliki sedikit intrik seperti Borat yang jatuh hati pada Pamela Anderson.

Sedikit trivia, katanya film Borat ini pada awalnya dilarang peredarannya oleh pemerintah Kazakhstan, namun mereka berubah pikiran karena setelah film ini beredar kunjungan wisata ke Kazakhstan meningkat. Lagu parodi kebangsaan Kazakhstan yang ada di film ini juga beberapa kali dikumandangkan pada saat atlet Kazakhstan mendapat medali emas di ajang olahraga. Selain itu film ini juga di banned hampir di semua negara Timur Tengah kecuali Lebanon. Back to movie, Sacha Baron Cohen disini berhasil memberikan kualitas akting yang sangat bagus, alami dan natural dengan segala sikap kampungan, keluguan dan keudikannya plus dengan logat timur tengahnya yang berhasil memancing gelak tawa. Alhasil, Cohen berhasil meraih Best Actor: Musical or Comedy di Golden Globe tahun 2007.

Borat adalah sebuah mockumentary komedi yang gila, sinting, cerdas dibalik segala kekontroversiannya yang berhasil membuat tertawa terbahak-bahak, naskah cerita yang sederhana namun sangat berani, didukung kualitas akting cemerlang dari seorang Sacha Baron Cohen dalam durasi 84 menitnya. Jelas Borat adalah salah satu sajian komedi terbaik dekade lalu.

7.5/10

No comments:

Post a Comment