July 27, 2013

Juno (2007)

Setelah menonton Thank You For Smoking, saya jadi tertarik untuk menonton filmografinya Jason Reitman. Akhirnya sampailah saya pada karya keduanya, Juno.

Juno mengisahkan tentang Juno MacGuff (Ellen Page), remaja 16 tahun yang mendapati dirinya hamil setelah berhubungan seks dengan temannya Paulie Bleeker (Michael Cera). Pada awalnya dia berpikir untuk melakukan aborsi, namun akhirnya dia memilih untuk mengadopsikannya kepada sepasang suami-istri sebagai orang tua angkat untuk bayinya itu. Dengan dukungan penuh dari kedua orang tua dan sahabatnya, dia pun harus menjalani kehidupan sebagai wanita hamil di usianya yang masih belia itu.

Ceritanya yang terbagi dalam fase-fase yang dijalani Juno selama hamil yang diwakili oleh empat musim. Dimulai dengan autumn, adegan pembuka yang cukup hangat, ditemani oleh narasi Juno yang menggemaskan. Sama seperti Thank You For Smoking, Juno juga dibuka dengan opening credit yang unik, nama cast and crew yang ditampilkan menarik dengan gambar-gambar animasi plus diiringi lagu folks yang asyik. Fase ini lebih berfokus pada bagaimana tindakan awal Juno apakah aborsi atau adopsi. Lalu ada winter, yakni fase dimana Juno sudah memulai kehidupan sebagai remaja hamil dengan perutnya yang semakin membesar. Lalu fase spring, masa kelahiran bayi Juno tiba dan muncul sedikit masalah seperti pertemanannya dengan Bleeker dan dengan pengadopsi bayinya. Dan terakhir summer, kehidupan Juno yang sudah kembali seperti anak remaja lainnya.

Naskah cerita yang ditulis oleh Diablo Cody bisa dibilang sangat sederhana dan untung disajikan dengan unik dan menarik, banyak momen-momen yang menyenangkan, mengejutkan, dan menyentuh. Apalagi banyak pesan moral dan pelajaran yang bisa dipetik dari film ini. Tentang arti sebuah pengambilan keputusan, tanggung jawab, proses kedewasaaan, dan lain-lain. Ditambah lagi Juno dibumbui dengan komedi yang segar, lelucon-leluconnya yang cerdas. Semua dialog, adegan ataupun narasi di film ini benar-benar berperan penting terhadap ceritanya, tidak ada yang sia-sia. Wajarlah jika debut screenplay Diablo Cody ini berhasil memenangkan best original screenplay Oscar 2008 lalu. Juno juga dihiasi oleh score dan music yang asyik. Lalu dari departemen akting, Ellen Page sebagai Juno bermain sangat bagus yang akhirnya diganjar dengan masuknya nominasi best actress. Lalu ada Michael Cera sebagai Bleeker, teman sekaligus ayah dari bayi yang dikandung Juno, seorang yang lugu dan polos. Yah, Cera memang selalu cocok dengan karakter itu di film-filmnya seperti di Norah’s, Superbad dan Scott Pilgrim. Juga aktor-aktris lain macam Jennifer Garner, Jason Bateman, J.K. Simmons, Allison Janney, dan Olivia Thirlby, mereka juga bermain cemerlang memerankan peran mereka masing-masing.

Secara keseluruhan Juno adalah sebuah drama-komedi bertema coming of age yang sangat bagus. Cerita sederhana penuh makna dan pesan moralnya yang kental plus dilengkapi dengan komedinya yang  cerdas. Apalagi diberikan dukungan terbaik dari departemen akting yang bermain solid – khususnya Ellen Page – dan tata teknisnya yang ciamik. Alhasil Juno mendapat 4 nominasi Oscar waktu itu, termasuk best picture dan best director untuk Jason Reitman. Well, Juno adalah salah satu film coming of age terbaik dekade lalu.

8.5/10


4 comments:

  1. Oke, ini agak memalukan, tapi saya waktu Social Network diputer, saya kira Jesse Eisenberg itu cowok yang di film Juno-__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih kalo dipikir-pikir Eisenberg dan Cera emang rada mirip.

      Delete
  2. cera main juga lho di nick and norah, ellen page juga keren banget :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah kok saya sebutin diatas ada. :)

      Delete