August 28, 2013

My Neighbor Totoro (1988)

Studio Ghibli adalah sebuah studio animasi dari Jepang yang sukses menelurkan banyak film animasi hebat, dan salah satunya adalah My Neighbor Totoro.

My Neighbor Totoro mengisahkan tentang sebuah keluarga – seorang ayah, dua anak perempuan; Satsuke dan Mei, sementara sang ibu dirawat di rumah sakit – yang baru saja pindah rumah. Suatu hari Mei sedang bermain-main di halaman rumahnya. Tiba-tiba suatu makhluk kecil aneh muncul dan menarik perhatian Mei. Dia pun penasaran dan mengikuti  makhluk tersebut, yang membawanya ke sebuah hutan lalu bertemu dengan makhluk lucu misterius yang disebutnya Totoro.

Film animasi yang berjudul Jepang Tonari no Totoro ini disutradarai oleh Hayao Miyazaki. My Neighbor Totoro sarat dengan unsur fantasinya. Meskipun fantasi, cerita animasi ini tergolong ringan-ringan saja. Tidak ada dramatisasi atau konflik yang berarti. Jadi, animasi ini dapat dikonsumsi semua umur. Namun daripada itu jika dicerna lebih dalam lagi. My Neighbor Totoro memiliki pesan moral dan kiasan tentang arti kehidupan. Satsuke dan Mei symbol kemurnian manusia, sedangkan Totoro adalah alam. Dan disini Totoro membantu kakak beradik tersebut dalam menghadapi masalah. Yang artinya jika manusia menjaga alam, maka alam pun akan membantu kita. Selain itu My Neighbor Totoro juga memiliki momen-momen menyentuh yang melibatkan hubungan antara ibu dan anak serta kakak dan adik.

Bicara tentang film animasi, kurang afdol jika tidak membicarakan kualitas atau gaya animasinya. Di My Neighbor Totoro menghadirkan gaya animasi khas Jepang dengan warna-warna cerianya dan jangan bandingkan animasi tahun 80an ini dengan animasi zaman sekarang, jelas berbeda. Namun harus diakui, kualitas animasi film ini sudah sangat bagus menurut saya untuk ukuran animasi tahun retro. Apalagi didukung oleh para pengisi suara yang berhasil menghidupkan karakter mereka masing-masing. Terlebih lagi karakter Satsuke dan Mei, dua kakak-beradik yang dengan mudahnya untuk disukai. Lalu sosok Totoro makhluk lucu dan imut yang menghadirkan tingkah pola yang memancing gelak tawa. Saking imutnya, Totoro sampai dijadikan menjadi maskot dari Studio Ghibli, dan juga sering menjadi cameo di beberapa animasi Ghibli lainnya. Dan ada juga kehadiran Neko no Bus yakni seekor kucing berbentuk bus yang bisa mengangkut penumpang.

Secara keseluruhan My Neighbor Totoro adalah sebuah film animasi dari negeri sakura yang bagus. Animasi yang menawan, cerita yang sederhana, karakter-karakter yang mudah dicintai, ditambah Totoro yang begitu menggemaskan. Apalagi dengan metafora dan simbolisme tentang arti kehidupannya yang cerdas. Semua terhampar baik dalam 86 menit durasinya. Salah satu karya terbaik dari Hayao Miyazaki dan Studio Ghibli.

8/10


2 comments:

  1. Film Ghibli paling keren selain Spirited Away. Ceritanya bisa menarik banget walaupun nggak ada yang di posisi antagonis & konfliknya sederhana

    ReplyDelete