August 31, 2013

Now You See Me (2013)

REMINDER THE CLOSER YOU LOOK, THE LESS YOU'LL SEE

Now You See Me mengisahkan tentang empat pesulap jalanan yang masing-masing memiliki keahlian berbeda yang tergabung dalam kelompok bernama The Four Horsemen: J. Daniel Atlas (Jesse Eisenberg), Merritt McKinney (Woody Harrelson), Henley Reeves (Isla Fisher) dan Jack Wilder (Dave Franco) yang diundang dan disponsori oleh milyuner, Arthur Tressler (Michael Caine), untuk melakukan perampokan bank. Sialnya, atas aksi mereka itu mengundang FBI yang mengutus Dylan Rodes (Mark Ruffalo) serta Interpol Alma Vargas (Melanie Laurent) yang juga dibantu Thaddeus Bradley (Morgan Freeman), seorang mantan pesulap yang membuka rahasia trik para pesulap.

Film yang disutradarai oleh Louis Letterier ini dibuka dengan opening sequence yang memperkenalkan keempat pesulapnya; Daniel Atlas si pesulap jalanan, Merritt McKinney ahli hipnotis, Henley Reeves ahli melarikan diri dan Jack Wilder pencopet bertangan cepat. Dengan adegan pembuka cukup lama namun keren dan mengasyikan itu, Now You See Me sedari awal memang mengeluarkan pesonanya dan seolah menghipnotis para penontonnya. Naskah cerita yang ditulis oleh trio Ed Solomon, Boaz Yakin, dan Edward Recourt ini sebenarnya sangat menarik – ya meskipun harus diakui memiliki banyak kekurangan disana-sini ceritanya, mencoba menggabungkan pertunjukan trik-trik sulap yang menakjubkan dengan perampokan terencana kelas wahid. Bayangkan saja The Prestige dan Ocean’s Eleven bersatu, beginilah jadinya.

Layaknya dua film yang sebutkan tadi, Now You See Me juga memiliki twist di penghujung ceritanya yang cukup keren, ya meskipun terkesan lebih ke menipu daripada mengejutkan. Lalu di segi teknis, visual efeknya yang dibuat agar pertunjukan sulapnya terlihat lebih spektakuler. Lalu editing cepatnya yang mengikuti ritme penceritaannya. Keunggulan lain dari Now You See Me tentu tidak lepas dari sederetan departemen aktingnya. Jesse Eisenberg, Isla Fisher, Dave Franco dan Woody Harrelson yang mampu menghidupkan karakter masing-masing dengan chemistry yang kuat juga, terlebih lagi Harrelson dengan humor-humornya. Mark Ruffalo dan Melanie Laurent juga tidak mau kalah menghadirkan performanya disetiap scene mereka. Ada juga dua alumnus trilogi The Dark Knight yakni Michael Caine dan Morgan Freeman, yang tentu tidak usah diragukan lagi.

Secara keseluruhan Now You See Me adalah sebuah film caper yang cukup bagus dengan balutan pertunjukan sulapnya yang memukau, dan tentu ini adalah sajian yang begitu menghibur dalam durasi 115 menitnya dari seorang sutradara asal Perancis, Louis Leterrier. Ya walaupun jalinan ceritanya yang tidak benar-benar kuat, setidaknya sedikit tertutupi oleh sokongan para jajaran cast-nya yang bermain gemilang.

7.5/10


No comments:

Post a Comment