September 5, 2013

Eternal Sunshine of the Spotless Mind (2004)

Sebenarnya dulu sudah pernah nonton film ini. Tapi entah kenapa pengen re-watching dan nge-review ini.

Eternal Sunshine of the Spotless Mind mengisahkan tentang Joel Barish (Jim Carrey) yang jatuh cinta dengan seorang wanita eksentrik bernama Clemente Kruczynski (Kate Winslet). Mereka pun berhubungan layaknya sepasang kekasih. Namun suatu hari, hubungan mereka memanas dan semakin merenggang. Clemente pun memutuskan untuk menghapus memori tentang Joel. Begitu juga Joel.

Film ini disutradarai oleh Michael Gondry, sutradara yang mengawali karirnya lewat video musik. Dengan naskah cerita yang ditulis Charlie Kaufman dan Pierre Bismuth. Cerita tentang penghapusan memori sangatlah terdengar menarik dan brilian, apalagi mencoba menggabungkan kisah romansa dengan unsur science-fiction. Banyak pesan moral dan metofa tentang cinta yang tersaji disini. Misalnya usaha Joel dan Clemente untuk menghapus memori pasangan mereka, namun jauh dilubuk hati mereka sebenarnya masih saling mencintai, karena apa yang ada di otak berbeda dengan di hati. Salut untuk Gondry yang berhasil mengubahnya menjadi sebuah presentasi yang begitu membuai. Oh iya, dengan jalan cerita film ini yang berjalan secara non-linear, mungkin akan membuat sebagian orang kebingungan.

Dan Eternal Sunshine of the Spotless Mind semakin sangat bagus ketika diberikan dukungan terbaik dari crew and cast-nya. Tata artistik serta sinematografi di film ini keren mampus dengan pergerakan dan pengambilan gambar yang cantik dan dinamis. Juga editing-nya yang berhasil memadukan antara reaita dan mimpi dengan halus tanpa harus terlihat rumit. Semua aspek tersebut mampu saling menunjang kualitas satu sama lain. Kualitas departemen akting film ini juga memuaskan. Jim Carrey yang terkenal lewat akting dan perannya yang selalu komikal, namun di film ini dia membuktikan juga bisa bermain di film serius. Sedangkan Kate Winslet disini juga tampil bagus, dengan karakter wanita yang eksentrik, tomboy dan liar. Semakin menarik ketika warna rambut Clemente yang selalu berubah-ubah. Chemistry Jim dan Kate terbangun sangat kuat disini. Selain dua pemeran utama tadi, Eternal Sunshine of the Spotless Mind juga diisi nama beken macam Mark Ruffalo, Kirsten Dunst, Tom Wilkinson dan Elijah Wood, mereka semua juga bermain cemerlang.

Secara keseluruhan Eternal Sunshine of the Spotless Mind adalah sebuah film romansa dengan bumbu sci-fi yang sangat bagus. Semakin bagus ketika didukung oleh tim produksi dan aktor-aktris dengan kapasitas memadai. Apalagi dengan naskah ceritanya yang  brilian. Wajar saja jika film ini mendapat penghargaan Oscar untuk Best Original Screenplay waktu itu. Well, Eternal Sunshine of the Spotless Mind layak untuk disebut sebagai salah satu film romansa terbaik dekade lalu

9/10


2 comments:

  1. Adegan kasur di pinggir pantai sama tiduran diatas es berasa indah tapi nggak tahu kenapa momen favorit saya pas puisi eternal sunshine of the spotless mind dibacain

    ReplyDelete