September 2, 2013

Mud (2012)

Jeff Nicholson, sutradara yang terkenal lewat drama Take Shelter tahun 2011 lalu. Dan sekarang hadir dengan Mud.

Mud mengisahkan tentang dua anak kecil, Ellis (Tye Sheridan) dan Neckbone (Jacob Lofland) yang pergi ke sebuah pulau kecil lalu menemukan sebuah kapal tersangkut diatas pohon. Ternyata kapal itu adalah milik seorang pria bernama Mud (Matthew McConaughey). Mud yang tengah bersembunyi dari kejaran Tom Blankenship (Sam Shepard), adik dari orang yang telah Mud bunuh. Disisi lain dengan bantuan Ellies dan Neckbone, Mud meminta mereka untuk menjemput kekasihnya, Juniper (Reese Witherspoon).

Film yang juga ditulis oleh Jeff Nicholson ini boleh saja poster dan judulnya menunjukan karakter Mud, tapi justru yang lebih mendapat perhatian di film ini adalah Ellis. Dibalik cerita Mud yang nampaknya drama berat, Mud sesungguhnya menghadirkan kisah coming-of-age yang menarik. Karakter Ellis yang disini lebih banyak penceritaan, mulai dari Ellis terpaksa harus ikut terlibat dalam kehidupannya Mud yang kompleks, lalu Ellis yang baru barusia 14 tahun jatuh cinta dengan wanita yang lebih tua darinya, hingga dia yang harus menghadapi situasi orang tuanya yang hendak bercerai. Mud sebenarnya sederhana, tapi banyak belokan-belokan ceritanya. Si karakter utama Mud juga, masa lalunya yang suram hingga sekarang menjadi buronan polisi serta penantian panjangnya untuk bertemu sang kekasih.

Seperti yang saya bilang tadi, Mud itu sederhana. Drama yang tidak terlalu diisi dengan dramatisasi dan emosionalitas yang tinggi. Mud dalam durasi dua jam lebihnya dari awal bergerak dengan nyaman sampai ke akhir ceritanya yang jual beli peluru itu. Dari segi teknis, mulai dari sinematografi, editing, hingga scoring yang sesekali menghiasi layar, semuanya bagus. Yang menjadi perhatian utama jelas dari departemen akting, Matthew McConaughey dengan badan kekarnya yang mempesona. Lalu dua bocah polos, Tye Sheriden yang pernah menjadi putra Brad Pitt di The Tree of Life ini hadir dengan kualitas akting yang sangat memuaskan, bahkan di beberapa bagian Sheriden seakan membuat McConaughey tenggelam, serta Jacob Lofland juga menarik perhatian dengan dialog-dialog shit-nya. Nama lain macam Reese Witherspoon, Sam Shepard, dan Ray McKinnon juga bermain bagus. Ada juga Michel Shannon yang sayangnya tampil minim.

Secara keseluruhan Mud adalah sebuah drama yang menyenangkan dari seorang Jeff Nicholson dengan balutan kisah coming-of age-nya yang memikat. Cerita sederhana dengan pondasi yang kuat berpadu dengan aspek teknisnya yang apik serta jajaran cast-nya yang bermain gemilang.

8/10


No comments:

Post a Comment