September 4, 2013

Trance (2013)

Danyy Boyle, sutradara asal Inggris yang terknela lewat film-filmnya macam Trainspotting, 28 Days Later, Slumdog Millionaire dan 127 Hours. Bahkan satu diantaranya memenangkan Oscar. Tahun ini Boyle hadir lewat Trance.

Trance mengisahkan tentang Simon Newton (James McAvoy) seorang juru lelang benda-benda seni. Tiba-tiba seorang pria bernama Franck (Vincent Cassel) dan kawanannya berupaya merampok salah satu lukisan mahal di acara pelelangan itu. Dia pun coba mengamankan lukisan tersebut, sialnya dia dijaga sekawanan perampok itu dan dia mendapatkan pukulan keras di kepalanya. Lukisan itu pun menghilang dan Simon mengalami amnesia akibat pukulan tersebut. Mencoba untuk mengingat kembali dimana lukisan itu, dia pun pergi ke seorang ahli hipnotis bernama Elizabeth (Rosario Dawson), untuk mengembalikan kembali ingatannya.

Film yang ditulis oleh andalan Boyle yakni duo Joe Ahearne dan John Hodge yang mengadaptasi serial televisi tahun 2001 silam. Jika membaca sinopsisnya, Trance terlihat sangat menarik dan menjanjikan. Apalagi banyak yang bilang bahwa film ini bagai gabungan antara Memento dan Inception, jelas membuat ekspektasi menanjak tinggi. Trance dibuka dengan bagus yang dipandu narasi James McAvoy. Mencoba bermain-main dengan alam bawah sadar dan kasus perampokan lukisan seharga 25 juta. Dengan jarak antara mimpi dan realita yang sangat tipis, lewat hipnotis sebagai medianya, ditambah lagi dengan beberapa kali flashback.

Berjalannya waktu, misteri pun satu per satu mulai terungkap dan twist berlapis mulai membingungkan penontonnya, namun tidak ada twist yang begitu mengejutkan. Di beberapa bagian, Trance tampak begitu berbelit-belit. Ya, ini adalah filmnya Danny Boyle, dia masih memperlihatkan ciri khasnya seperti di filmnya sebelumnya. Mulai dari sinematografi arahan Anthony Dod Mantle dengan warna-warna cerah dan visual indah. Lalu editing liar dan cepat arahan Jon Harris, berhasil menata gambar antara kenyataan dan alam bawah sadar. Dan tentunya musik arahan Rick Smith yang setia mengiringi jalan cerita dengan musik elektronik yang begitu menghipnotis. Dari departemen akting, James McAvoy sebagai pemeran utama tampil bagus bahkan sesekali emosional. Juga Vincent Cassel yang terbiasa bermain sebagai tokoh antagonis. Namun yang paling mencuri perhatian jelas kehadiran Rosario Dawson yang tempil berani dan erotik.

Secara keseluruhan Trance adalah sebuah psychological thriller dari Danny Boyle yang bagus dengan bermain lewat hipnoterapi masuk kedalam alam bawah sadar untuk mengungkap misteri sebuah kriminal. Berpadu ciamik dalam durasi 101 menitnya dengan visual full-color, editing enerjik, musik aduhai dan para pemeran yang bermain apik.

8/10



No comments:

Post a Comment