October 1, 2013

Children of Heaven (1997)

Pertama kali nonton film ini waktu SD, dan ketika salah satu stasiun televisi berulang kali memutar film ini di hari libur, hingga sampai sekarang re-watching berkali-kali pun. Masih belum merasa bosan.

Children of Heaven mengisahkan tentang Ali (Amir Farokh Hashemian), anak 9 tahun yang sementaraa harus menggantikan tugas ibunya berbelanja. Ketika pergi ke pasar dia juga turut membawa sepatu adiknya, Zahra (Bahere Seddiqi), yang harus diperbaiki karena rusak. Sialnya, sepatunya menghilang tanpa sengaja oleh Ali. Sepulangnya dirumah, Zahra bersedih, mereka pun sepakat untuk merahasiakan kejadian itu karena takut dimarahi ayah mereka.

Film ini naskah ceritanya ditulis dan disutradarai oleh Majid Majidi. Sutradara asal Iran yang terkenal lewat film-film berkualitasnya macam Baran dan The Song of Sparrows. Film yang menjadi perwakilan Iran di Oscar tahun 1998 dan akhirnya masuk nominasi Best Foreign Language ini seperti biasa mengangkat cerita dari kalangan menegah ke bawah masyarakat Iran. Menyajikan kisah kakak-adik yang sebenarnya sederhana namun begitu kuat dan berbobot. Menggunakan karakter yang masih polos pada masalah yang ia hadapi, berjalan dengan tempo yang pas menjadikannya jauh dari kondisi membosankan dan monoton. Hadir dengan banyak momen-momen yang menyentuh serta emosional, tanpa harus terlalu terlihat berlebihan dan didramatisir. Terlebih lagi bagian endingnya, adegan ketika Ali ikut lomba lari itu begitu mendebarkan dan mengharukan.

Dan jelas ini adalah tipe film drama generik, sudah tahu akan dibawa kemana akhirnya. Yang sudah pasti akan penuh dengan pesan moral yang begitu dalam tanpa harus terlihat terlalu menggurui. Tidak hanya hubungan kakak-adik yang dikedepankan, tapi juga hubungan ayah-anak. Film yang berjudul Persia Bacheha-ye Aseman ini juga diselipi kelucuan-kelucuan ringan spontan yang paling tidak, cukuplah untuk membuat tersenyum. Technically, semuanya pada taraf yang baik. Mulai dari sinematografi hingga scoring-music. Dari departemen akting, dua artis cilik; Amir Farrokh Hashemian dan Bahare Seddiqi disini bermain bbegitu baik dan natural dengan segala kepolosan dan kesederhanaan mereka. Sebuah debut yang bagus bagi mereka berdua, berhubung keduanya yang belum pernah main film sebelumnya. Oh iya sekedar informasi, film ini juga beberapa kali di adaptasi oleh negara lain, yakni Homerun (Singapura, 2003) dan Bumm Bumm Bole (India, 2010).

Secara keseluruhan Children of Heaven adalah sebuah film drama keluarga dari Iran yang sangat bagus. Benar-benar sangat direkomedasikan dan dianjurkan kepada orang tua untuk menontonkannya kepada para anak-anak mereka. Dalam durasi 89 menitnya hadir dengan jalan cerita sederhana, sungguh film yang begitu menyentuh dan menginspirasi.

9/10

2 comments:

  1. wah, ni film emang recommended bgt. ane terharu nontonnya, apalagi wktu ending

    ReplyDelete
  2. 2 bersaudara yang saling menyayangi, pengertian satu sama lain.....adegan yang paling terharu adalah pas sepatunya jatuh ke parit dikarenakan kebesaran di kaki zahra n ali yang harus juara tiga demi mendapatkan sepatu buat adiknya.....huhuhu....

    ReplyDelete