November 29, 2013

Jobs (2013)

Steve Jobs, siapa yang tidak kenal dengan legenda teknologi itu. Tokoh yang menjadi CEO Apple dan Pixar ini meninggal tahun 2011 lalu. Dan sekarang tahun 2013 dibuatlah sebuah film tentang jatuh bangunnya menuju sukses dengan judul Jobs.

Jobs mengisahkan tentang Steven Paul Jobs, seorang mahasiswa yang terkena drop out dari kampusnya. Lalu setelah itu, dia mulai tercetus untuk mendirikan sebuah perusahaan teknologi bersama dengan sahabatnya, Steve Wozniak (Josh Gordon). Mereka berdua pun membuat perusahaan tersebut memulai dari awal di sebuah garasi biasa rumaha orang tua Steve, hingga sampai mereka sukses dengan sebuah nama perusahaan yang kita kenal sekarang, Apple, Inc.

Well, sebenarnya ini bukan pertama kalinya film yang menceritakan tentang tokoh Steve Jobs, sebelumnya sudah ada film garapan Martyn Burke berjudul Pirates of Silicon Valley tahun 1999 lalu. Dan sekarang Jobs, sungguh diluar dugaan biopik dari tokoh terkenal ini berakhir seperti ini. Ya, kurang memuaskan. Film yang dinahkodai oleh sutradarai Joshua Michael Stern dan naskah ceritanya ditulis oleh Matt Whiteley ini terdapat banyak kekurangan disana-sini. Mari mulai dari naskahnya, Jobs dibuka dengan opening – scene Steve Jobs memperkenalkan iPod – bersetting tahun 2001 yang bisa dibilang cukup bagus, ya lumayan malah. Setelah itu cerita ditarik jauh kebelakang bersetting tahun 70an, nah mulai disinilah naskahnya mulai tampak kurang maksimal dengan seiring berjalannya durasi semakin banyak nilai minus yang kita temui. Ya, naskahnya kurang solid, dari awal memang tidak membuat penontonnya terikat dan parahnya lagi mereka kurang mengeksplorasi lebih mengenai kehidupan Jobs yang sebenarnya menarik untuk dituangkan dalam cerita.

Beberapa formula pun dicoba seakan ingin menutupi minus-nya, namun pada akhirnya tetap gagal. Seperti bagian-bagian komedi atau momen-momen yang bersifat inspiratif yang tidak berhasil. Lanjut bicara mengenai salah satu aspek paling penting dalam sebuah biopik adalah masalah pemeran utamanya – contoh pemilihan cast yang bagus itu seperti Daniel Day-Lewis memerankan Lincoln. Dan yang memerankan Steven Jobs di film ini adalah Ashton Kutcher. Ya, Ashton Kutcher, banyak orang di seluruh dunia sana – termasuk saya – yang pesimis terhadap pemilihan cast ini. Dan benar saja ternyata Ashton kurang mampu tampil kharismatik membawakan tokoh Jobs, ya harus saya akui di beberapa bagian Ashton tampil cukup bagus. Jajaran cast lain juga saya rasa terasa kurang, sebut saja nama seperti J. K. Simmons, Dermot Mulroney dan Josh Gad. Technically, yang paling jelas terlihat adalah usaha tim makeup-nya yang membuat tampang Ashton Kutcher terlihat mirip dengan Steve Jobs.

Secara keseluruhan Jobs adalah sebuah film drama-biopik yang sayangnya hadir kurang memuaskan. Andai saja film ini diisi oleh orang di depan dan belakang layar yang pas, bukan tidak mungkin film ini akan menjadi sebuah biopik berkualitas dan menjadikan penghormatan yang tinggi terhadap mendiang Steve Jobs.

6.5/10


No comments:

Post a Comment