December 23, 2013

Frances Ha (2012)

"Ahoy sexy!"

Frances Ha mengisahkan tentang Frances Halladay (Greta Gerwig), seorang wanita penari 27 tahun yang pada suatu hari diminta pacarnya untuk pindah ke apartemen milik pacarnya. Namun Frances lebih memilih untuk tinggal bersama sahabatnya, Sophie (Mickey Sumner). Namun disi lain Sophie juga harus meninggalkan apartemennya karena suatu hal. Disinilah Frances harus menghadapi masalah-masalah seperti tempat tinggal, percintaan dan pertemanan.

Film hitam putih, banyak orang yang berpikir skeptis terhadap ini. Film hitam putih itu membosankan dan jelek serta identik dengan zaman dahulu, itulah yang teman saya katakan ketika saya sodorin Frances Ha. Dan andai saja teman saya itu bisa lebih membuka lebih lebar lagi pikiran mereka, mungkin pernyataan itu bisa saja ditampik. Well, naskah ceirta Frances Ha ditulis oleh Noah Baumbach – sang sutradara, dan Greta Gerwig – si pemeran utama. Punya cerita yang sederhana tentang pendewasaan dan mungkin pergerakan ceritanya terkesan tidak jelas namun Noah dan Greta berhasil mengemasnya dengan menyenangkan. Memadukan drama dan komedi dengan takaran yang pas, bersama dengan pengembangan cerita yang melibatkan cinta dan persahabatan. Dan terasa segmented karena Frances Ha disajikan dengan beberapa chapter, yang mana disetiap chapter-nya mewakili tempat baru yang disinggahi oleh Frances.

Apa yang membuat  Frances Ha semakin terasa spesial dibanding film hitam putih lain zaman sekarang adalah film ini bersetting zaman modern. Bagaimana film ini berhasil mengeksplorasi sudut-sudut kota yang disinggahi Frances dengan bagus. Bersama dengan pengambilan dan pergerakan gambar yang apik dari sinematografer Sam Levy lewat magisnya gambar hitam putih. Semakin spesial lagi ketika Frances Ha diisi oleh sederetan soundtracks yang mengasyikkan, lagu-lagu menyenangkan yang membuatnya jauh dari kesan jadul. Seakan membuat kita kupa bahwa ini adalah film hitam putih, favorit saya adalah lagu yang mengiringi adegan Frances yang sprint di jalan menuju Chinatown. Dari divisi akting, Greta Gerwig sebagai pemeran utama disini bermain sangat bagus memerankan karakter Frances yang mudah disukai itu. Dia hadir dengan akting yang natural lewat penokohan karakternya yang periang.

Secara keseluruhan Frances Ha adalah sebuah sajian drama-komedi yang bagus lewatan balutan layar hitam putihnya dalam durasi 86 menitnya.  Tersentuh dan tertawa disaat bersamaan lewat cerita yang simple namun solid dan komedinya yang sederhana namun berhasil bersama dengan sinematografi serta editing bagus, soundtracks yang asyik dan akting ciamik darik Greta Gerwig.

8/10


No comments:

Post a Comment