December 15, 2013

Like Someone in Love (2012)

Abbas Kiarostami, sutradara asal Iran yang film-filmnya banyak menuai respon positif, sukses diberbagai ajang festival dan award di seluruh di dunia. Dan dari sekian banyak film beliau, saya baru menonton yang ini, Like Someone in Love.

Like Someone in Love mengisahkan tentang Akiko (Rin Takahashi), seorang mahasiswi cantik yang ternyata menyimpan sebuah rahasia yang tidak diketahui oleh keluarganya dan kekasihnya, Noriaki (Ryo Kase), yakni bahwa dia adalah seorang pekerja seks komersial. Suatu hari dia mendapat klien seorang kakek bernama Takashi (Tadashi Okuno). Alih-alih melalukan hubungan seks, mereka berdua justru hanya saling bercakap-cakap satu sama lain.

Setelah Certified Copy tahun 2010 lalu, menandai debut filmnya diluar Iran yakni di Italia. Dan sekarang negara yang beruntung disinggahinya adalah Jepang lewat Like Someone in Love. Film ini hadir dengan alur dan tempo yang sangat lambat, besar kemungkinan akan membosankan. Ditambah lagi dengan banyaknya gambar-gambar statis dan minimnya score. Naskah ceritanya ditulis oleh Abbas Kiarostami sendiri, mengusung cerita yang sederhana. Sedikit mengingatkan saya dengan Lost in Translation-nya Sofia Coppola, sama-sama tentang pasangan yang terpaut usia jauh berbeda – dan juga sama-sama di Jepang. Namun ini lebih dari sekedar hubungan antara gadis pekerja seks komersial dan kliennya, namun lebih kepada antara kakek dan cucunya, bahkan bisa lebih luas dan general lagi.

Yang akhirnya kisah cinta yang sederhana itu pun terlihat indah ketika dihiasi sinematografi yang menawan arahan Katsumi Yanagijima. Banyak pergerakan dan pengambilan gambar yang cantik. Dan yang paling saya suka adalah ketika menggunakan refleksi bayangan yang dipadu-padankan dengan pengambilan gambar sebenarnya. Atau ketika refleksi bayangan tersebut menghasilkan bias-bias warna yang mempesona. Dari divisi akting, Rin Takahashi memerankan sesosok gadis yang terlihat dari ekspresinya bahwa dia terpaksa menjadi pekerja seks, dia bermain bagus disini – oh iya tahun depan kita akan melihat penampilan dia di film Killers-nya The Mo Brothers. Tadashi Okuno, memerankan sosok kakek yang terlihat bahwa dia sedang kesepian dan mencari teman untuk diajak berbicara, mungkin itulah alasan kenapa dia memesan Akiko. Selanjutnya Ryo Kase, mungkin tokoh yang diperankannya lah satu-satunya penokohan yang paling jelas tergambar, bahwa dia adalah seorang pencemburu, apalagi jika melihat endingnya yang sungguh diluar dugaan.

Secara keseluruhan Like Someone in Love adalah drama yang bagus. Meski film yang pertama kali rilis di Cannes tahun lalu ini hadir dengan naskah yang sederhana dan alur yang lambat. Abbas Kiarostami berhasil menyuguhkan kisah cinta yang begitu membuai dalam durasi 105 menitnya. Semakin menarik ketika dibantu oleh sinematografinya dengan visualisasi yang indah serta menawan dan para aktor-aktris yang bermain apik.

8/10


No comments:

Post a Comment