December 13, 2013

Prisoners (2013)

Denis Villeneuve, seorang yang pernah menghadirkan kita Incendies sebuah thriller ciamik tahun 2010 silam. Dan tahun ini dia kembali hadir dengan genre yang sama lewat debut penyutradaraan film berbahasa Inggrisnya, Prisoners.

Prisoners mengisahkan tentang pasangan Keller Dover (Hugh Jackman) dan Grace Dover (Maria Bello) bersama kedua anak mereka; Ralph (Dylan Minnette) dan Anna (Erin Gerasimovich), yang merayakan hari Thanksgiving di rumah tetangga mereka, yakni keluarga pasangan Franklin (Terrence Howard) dan Nancy (Viola Davis) bersama dua anak mereka; Eliza (Zoe Borde) dan Joy (Kyla Drew Simmons). Singkat cerita, ketika Anna dan Joy tengah bermain diluar rumah, mereka pun diculik. Kasus penculikan ini pun ditangaai oleh Loki, seorang detektif polisi yang mencurigai Alex Jones (Paul Dano) sebagai tersangkanya. Namun tidak ada bukti yang kuat bahwa Alex adalah penculiknya….

Dengan naskah ceritanya yang ditulis oleh Aaron Guzikowski, sang sutradara Denis Villeneuve berhasil mengikat para penontonnya dari awal sampai akhir dalam durasi 153 menitnya tanpa terasa melelahkan. Memberikan sebuah thriller misteri tentang penculikan yang menjejali penontonnya sebuah pertanyaan: Siapakah penculik sebenarnya? Membuat penontonnya ikut menebak-nebak pertanyaan tersebut bersama dengan seiringnya tensi dan intensitas thrill yang terjaga, dan ketika jalur ending tiba, kita tidak akan mengira bahwa penculik yang sebenarnya adalah ‘dia’. Denis Villeneuve merajut susunan ceritanya dengan sangat rapi. Memberikan sedikit demi sedikit misteri dan petunjuk kepada penontonnya, seakan kita sedang memecahkan labyrinth yang dibuat Villeneuve. Dan ketika kita tidak bisa memecahkannya, kita terjebak dalam sebuah prisoner yang dibuatnya.

Tentu naskah cerita yang bagus itu tidak akan terlihat begitu membuai jika tidak diisi oleh jajaran pemain yang tepat. Hugh Jackman yang disini bermain begitu emosional sebagai seorang ayah yang dilanda gejolak batin dan moral atas menghilangnya putrinya. Jake Gyllenhaal tampil kuat sebagai seorang detektif polisi dengan kepribadian yang tenang. Nama-nama lain yang juga tampil begitu bagus disini sebut saja, Viola Davis, Maria Bello, Terrence Howard, Mellisa Leo dan terkhusus untuk Paul Dano yang disini tampil superb meski dengan dialog minim namun begitu meyakinkan lewat ekspresinya. Bicara masalah teknis, Prisoners juga hadir apik. Sinematografi arahan Roger Deakins dengan pengambilan dan pergerakan gambar-gambar yang menambah esensi thrillernya. Lalu scoring music karya Johann Johannsson dengan tata musiknya yang juga menambah kesan kelam terhadap jalannya cerita.

Secara keseluruhan Prisoners adalah sebuah sajian thriller misteri yang bagus. Kisah penculikan yang emosional, bermain dalam ranah thriller-psychological dan sisipan bumbu family. Jalinan cerita yang dikemas rapi. Ditambah dengan para aktor-aktrisnya yang hadir tanpa cela. Plus sinematografi dan musik yang ciamik. Sebuah presentasi dua jam lebih yang tidak terasa membosankan.

8/10

No comments:

Post a Comment