December 29, 2013

The Past (2013)

Asghar Farhadi, sutradara asal Iran yang terkenal dengan film-filmnya yang mendapat kritikan positif seperti About Elly (2009) dan A Separation (2011) yang memenangkan Best Foreign Language Film pada Oscar 2011 lalu. Tahun ini mengeluarkan film terbarunya, The Past.

The Past mengisahkan tentang Ahmad (Ali Mosaffa) yang baru saja tiba di Perancis dari Iran untuk bertemu dengan calon mantan istrinya, Marie (Bérénice Bejo) untuk menghadiri sidang perceraian mereka. Marie yang ternyata sudah mendapatkan kekasih baru, Samir (Tahar Rahim). Mereka tinggal bertiga dalam satu atap untuk sementara bersama dengan dua putri Marie, Lucie (Pauline Burlet) dan Lea (Jeanna Jestin) dan putra Samir, Fouad (Elyes Aguis). Keadaan terasa canggung, dan masalah pun mulai hadir ketika Lucie tidak menginginkan ibunya menikah lagi.

Film yang berjudul Perancis Le passé ini naskah ceritanya ditulis oleh Asghar Farhadi sendiri. Sama seperti A Separation, The Past mengisahkan tentang perceraian suami istri atau secara lebih luasnya sama-sama mengisahkan hubungan keluarga yang kompleks. Namun ini lebih kompleks dari A Separation yang hanya sekedar tentang suami istri yang bercerai serta hubungan dengan pembantu rumah tangga. Merajut benang ceritanya dengan sabar, sedikit demi sedikit memberikan informasi dan latar belakang apa yang terjadi di masa sebelumnya untuk membuat sebuah fondasi cerita yang kokoh. Hanya mengandalkan dialog-dialog kuat. Dari setiap adu argumen atau penjelasan yang terhampar disini begitu penting terhadap jalannya cerita. Memberikan kita asal masalah dan sebab akibat masalah apa yang terjadi sebelumnya hingga menjadi seperti ini. Masuknya beberapa tokoh lain pun semakin menambah kekompleksitasannya.

Ini seperti sebuah film dengan intensitas tinggi ketika setiap dialog yang terjadi diantara mereka sesekali bermain lewat emosi tanpa harus terlihat terlalu berlebihan atau berakhir mellow. Serta film ini juga menggambarkan bagaimana masalah yang sebenarnya kecil saja akan menjadi rumit ketika tidak diselesaikan dengan benar. Dan semua masalah atau konflik yang tersaji disini terasa begitu nyata dan membumi. Tentu The Past tidak akan terlihat begitu bagus jika tidak diberikan performa terbaik dari jajaran cast-nya. Bérénice Bejo – yang kita kenal lewat The Artist (2011) – tampil begitu memikat dan emosional sebagai tokoh sentral. Alhasil Bérénice mendapatkan Best Actress Award di ajang Cannes Film Festival 2013.  Ali Mosaffa juga tampil dengan apik lewat penokohannya yang tenang dan kuat. Begitu juga dengan tokoh-tokoh lain seperti Tahar Rahim, Pauline Burlet serta dua artis cilik, Elyes Aguis dan Jeanne Jestin.  Semua cast-nya bermain begitu ciamik dan berperan penting terhadap pengembangan serta perjalanan cerita, bahkan untuk tokoh minor sekalipun.

Secara keseluruhan The Past aka Le passé adalah sebuah sajian drama dari Iran yang sangat bagus. Perwakilan Iran untuk Best Foreign Language Film di Oscar tahun depan, namun sayang tidak masuk short-list. Well, Asghar Farhadi kembali menyuguhkan kita drama yang tampil minimalis dan sederhana namun hadir tanpa cela dengan jalan ceritanya yang kompleks dalam durasi 130 menitnya. Ditambah lagi didukung oleh divisi akting yang bermain apik.

8.5/10


2 comments:

  1. Sayang nggak masuk shortlist Oscar. :(

    ReplyDelete
  2. Iya, sayang banget, jadi penasaran film yang di shortlist itu sebagus apa.

    ReplyDelete