December 14, 2013

This Is the End (2013)

This Manusia Unta’s This Is the End review may contain spoilers!

Setelah The World’s End-nya Edgar Wright yang sebelumnya tahun ini sudah pernah keluar dengan gabungan genre komedi dan apocalypse. Kini Seth Rogen dkk juga hadir dengan tema yang sama lewat This Is the End.

This Is the End mengisahkan tentang Jay Baruchel yang baru saja datang ke Los Angeles untuk mengunjungi sahabatnya, Seth Rogen. Mereka berdua – serta selebritis lain – pun diundang ke acara pesta syukuran rumah barunya James Franco. Tiba-tiba gempa bumi mengguncang daerah tersebut, disisi lain muncul cahaya biru dari langit yang membawa beberapa orang keatas. Mereka pun mencoba bertahan hidup dari bencana aneh ini bersama dengan sahabat mereka yang lain.

Diadaptasi oleh Seth Rogen dan Evan Goldberg selaku sutradara dan penulis naskahnya dari film pendek berjudul Jay and Seth versus the Apocalypse. Menggabungkan genre komedi dengan latar pengembangan cerita seperti hari kiamat, proses bertahan hidup, persahabatan, dan sedikit bumbu reliji. Seperti yang sudah saya perkirakan sebelumnya, film ini pasti penuh dengan komedi-komedi kasar dan jorok, lengkap dengan segala kata-kata sumpah serapah dan vulgarnya. Dan saya tidak masalah dengan itu, selama masih bisa membuat saya tertawa, kenapa tidak. Dengan leluconnya yang menggunakan referensi film seperti; Superbad, Pineapple Express, Spider-Man, Moneyball, 127 Hours, Harry Potter hingga The Exorcist, dll. Ataupun lelucon-lelucon yang menyindir selebritis lain. Sampai lelucon yang melibatkan situasi, seperti percakapan atau pertengkaran tidak penting dikarenakan masalah kecil. Ada joke yang berhasil, ada juga yang tidak.

Dari divisi akting, hampir semua dari mereka memerankan diri mereka masing-masing. Lusinan aktor-aktris Hollywood hadir disini; James Franco, Jay Baruchel, Craig Robinson, Jonah Hill, Seth Rogen, dan Danny McBride. Dan itu masih belum menghitung para cameonya; Christopher Mintz-Plasse, Michael Cera, Emma Watson, Rihanna, Martin Starr, Aziz Ansari, Kevin Hart, Jason Segel, David Krumholtz, Paul Rudd, Channing Tatum sampai Backstreet Boys. Masalah akting, saya rasa tidak terlalu sulit, karena mereka hanya memerankan diri mereka sendiri dan berdialog dengan teman mereka, tidak ada lagi yang namanya pendalaman karakter. Technically, semuanya pada taraf yang cukup memuaskan, mulai dari special effect dan score and music. Dan salah satu yang paling memorable ketika lagu Everybody (Backstreet’s Back)-nya Backstreet Boys dilantunkan diakhir film.

Secara keseluruhan This Is the End adalah sebuah sajian komedi yang memuaskan. Harus saya akui saya menikmati film ini dalam durasi 106 menitnya, beberapa kali saya dibuatnya ketawa. Menggabungkan genre comedy dengan tema-tema seperti apocalypse, biblical, bromance, dan survival. This is funny!

7.5/10


No comments:

Post a Comment