January 16, 2014

American Hustle (2013)

David O. Russell, sutradara yang sukses membawa dua filmnya; The Fighter dan Silver Linings Playbook berjaya di ajang Oscar. Kini, dengan membawa alumni dari dua filmnya itu ke American Hustle, apakah juga akan berjaya di Oscar?

American Hustle mengisahkan tentang Irving Rosenfeld (Christian Bale) seorang penipu handal yang mempunyai partner sekaligus kekasihnya dengan wanita cantik bernama Sydney Prosser (Amy Adams), namun disisi lain Irving juga tengah bermasalah dengan istri terdahulunya, Rosalyn Rosenfeld (Jennifer Lawrence). Sampai suatu hari mereka ditangkap oleh agen FBI, Richard DiMaso (Bradley Cooper). Namun bukannya ditahan, mereka justru diminta oleh Richie untul membantunya menangkap para penipu yang lain, salah satunya adalah seorang walikota bernama Carmine Polito (Jeremy Renner).

Film ini screenplay-nya juga ditulis oleh David O. Russell, ditulisnya bersama Eric Warren Singer berdasarkan operasi ABSCAM oleh FBI akhir tahun 70an hingga awal 80an. Mengangkat kisah nyata kriminal yang dibalut sentuhan drama dan komedi, namun beberapa nama karakter disini diganti tidak sesuai dengan aslinya. Alur dan tempo ceritanya berjalan dengan asyik dan cukup cepat, dengan beberapa kali flashback. Membentuk struktur cerita dengan fondasi yang kuat, tanpa harus memberikan penontonnya sebuah emosinalitas dan kompleksitas cerita yang berlebihan. Dan seperti halnya film crime kebanyakan, American Hustle juga akan lebih banyak diisi oleh isu-isu politik seperti tipu muslihat, korupsi, konspirasi, pengkianatan dll. Hadir dengan twist menghadirkan belokan-belokan cerita yang mengejutkan. Film ini tidak seserius yang terlihat diatas kertas. American Hustle juga punya sisi romance-nya, yang mana disini ada cinta segitiga antara Irving, Sydney, dan Rosalyn. Juga film yang awalnya mempunyai judul American Bullshit ini punya kadar komedi yang berhasil mengundang gelak tawa, baik itu dari komedi situasi ataupun dari dialognya.

Sesuatu yang sangat menarik dari American Hustle adalah tata artistiknya. Menyesuaikan dengan ceritanya yang ber-setting tahun 70an, semuanya di-set sesesuai mungkin mulai dari kostum, makeup, hairstyle yang bergaya mewah nan glamor. Semakin menarik ketika berpadu dengan musik-musik tahun 70an dan sinematografi cantik arahan Linus Sandgren. American Hustle juga semakin menarik ketika diperkuat oleh jajaran divisi akting yang kelas A-nya. Mulai dari 2 alumni The Fighter, Christian Bale, yang disini punya transformasi tampilan fisik yang mengejutkan, sosok Irving yang gendut dan botak diperankan dengan baik olehnya. Amy Adams, disini dia tampil begitu menggoda lewat kostum belahan dadanya itu dengan karakterisasi yang paling kompleks. Serta 3 alumni Silver Linings Playbook, Bradley Cooper seorang agen FBI yang sangat ambisius. Jennifer Lawrence, yang disini punya karakterisasi yang tidak jauh beda dari perannya di SLP, nakal dan liar. Serta Robert De Niro yang walau hadir dalam durasi yang singkat, jajaran cast film ini pun semakin kuat ketika Jeremy Renner tidak ketinggalan turut meramaikannya.

Secara keseluruhan American Hustle adalah sebuah film drama-crime dengan sentuhan komedi yang bagus. Bagaimana David O. Russell mengarahkan sebuah film dengan cerita yang kokoh dengan tata artistik gaya 70annya yang cantik. Semakin bagus ketika pengarahannya itu diberinya kepada para divisi aktingnya melakukan tugas dengan baik memerankan peran mereka masing-masing dalam durasi 139 menitnya durasinya.

8/10


No comments:

Post a Comment