January 29, 2014

Jackass Presents: Bad Grandpa (2013)

Jackass Presents: Bad Grandpa mengisahkan tentang seorang kakek berjiwa muda bernama Irving Zisman (Johnny Knoxville). Dia punya seorang anak perempuan, Kimmie (Georgina Cates), dan seorang cucu, Billy (Jackson Nicoll). Sayangnya ibu dari Billy adalah seorang yang tidak baik. Ibunya pun meminta kepada Irving untuk membawa Billy ke tempat ayahnya, Chuck (Greg Harris) yang juga sialnya sama-sama seorang bapak yang tidak baik. Irving dan Billy pun melakukan perjalanan menuju tempat bapaknya Billy, selama perjalanan mereka berdua melakukan hal-hal gila.

Film ini disutradarai oleh sutradara film Jackass sebelumnya yakni Jeff Tremaine, sekaligus juga menulis screenplay-nya bersama aktornya Johnny Knoxville dan Spike Jonze. Well, tahu dong Jackass? Sekumpulan pria bangsat tak takut mati yang melakukan aksi stunt dan prank. Setelah Jackass: The Movie, Jackass: Number Two dan Jackass 3D, kali ini mereka kembali hadir lewat Jackass Presents: Bad Grandpa. Namun ada dua perbedaan signifikan di film mereka kali ini. Pertama, jika di film-film sebelumnya mereka melakukannya secara bersama-sama, namun disini hanya akan ada Johnny Knoxville. Kedua, jika di film-film sebelumnya mereka melakukan aksi gila hanya sebatas dokumenter biasa, namun disini memiliki plot dengan cerita sederhana.

Walau Jackass Presents: Bad Grandpa memiliki plot, namun ini masih tetap memakai pakem legendaris gila mereka itu, yakni stunt and prank. Ini seperti yang pernah dilakukan oleh Sacha Baron Cohen lewat Borat-nya. Konsepnya menggunakan hidden camera yang diletakkan di penjuru sudut, dan viola Knoxville pun siap memberikan kekacauan dalam taraf sintingnya yang mampu mengocok perut kita karena tertawa. Ya seperti biasa, masih ada dialog-dialog kasar, aksi-aksi jorok dan tidak waras. Jackass Presents: Bad Grandpa berjalan dengan santai yang diberikan sentuhan road movie dan sedikit ke ranah drama-family, yang untungnya masih memiliki nyawa gilanya atau tanpa harus terkesan membunuh bagian itu. Ini bisa dibilang suatu yang baru terhadap installment Jackass, memberikan secercah harapan terhadap kelangsungan Jackass selanjutnya.

Ya, sesuai judulnya bad grandpa. Disini Johnny Knoxville disulap menjadi seorang kakek tua berumur 86 tahunan. Disini dibantu dengan makeup ciamik yang memberikan keriput dan kerutan serta rambut putih pada Knoxville. Yang secara mengejutkannya aspek ini masuk nominasi Oscar tahun ini untuk kategori Best Makeup and Hairstyling. Knoxville disini begitu baik memerankan dan menghidupkan tokoh tersebut, lengkap dengan gaya bicaranya dan gaya jalannya layaknya seorang orang tua. Johnny Knoxville memang tidak ditemani teman-temannya. Namun disini Knoxville disini ditemani oleh seorang bocah menggemaskan yang sama gilanya, dia adalah Jackson Nicoll. Mereka berdua hadir dengan chemistry yang kuat sebagai sepasang kakek dan cucu.

Secara keseluruhan Jackass Presents: Bad Grandpa adalah sebuah sajian komedi yang lumayan. Installment keempat Jackass ini hadir dengan masih membawa pakem klasik stunt dan prank mereka, namun bedanya disini memiliki plot. Juga masih gila dan sinting, namun disini dalam dosis yang kecil. Well, tidak perlu berekspektasi banyak, cukup nikmati saja kegilaan demi kegialaan yang diberikan kakek Irving dan cucunya, maka anda dengan mudahnya dibuat tertawa lepas dalam durasi 91 menitnya.

7/10


No comments:

Post a Comment