January 2, 2014

The Spectacular Now (2013)

Oke. Lagi, lagi dan lagi tahun 2013 diisi film coming-of-age yang bagus. Setelah Mud, The Way Way Back, dan The Kings of Summer. Sekarang hadir The Spectacular Now.

The Spectacular Now mengisahkan tentang Sutter Keely (Miles Teller), seorang pemuda 18 tahun yang berkehidupan hedonisme yang telah putus dengan pacarnya Cassidy (Brie Larson). Suatu hari setelah pulang dari pesta semalam suntuk, dia menemukannya dirinya terbagun di pagi hari di halaman sebuah rumah milik Aimee (Shailene Woodley), seorang wanita teman sekolahnya yang sederhana dan pemalu bahkan dia belum pernah pacaran sebelumnya. Mereka berdua pun dekat, Sutter pun memacari Aimee dengan tujuan yang pada awalnya hanya untuk mengenalkan dunia pacaran itu seperti apa kepada Aimee.

James Ponsoldt, dialah orang dibalik manisnya The Spectacular Now ini. Bergerak sebagai sutradara yang screenplay-nya ditulis oleh Scott Neustadter dan Michael H. Weber mengadaptasi dari nover berjudul sama karangan Tim Tharp, duo writers dibalik (500) Days of Summer (2009) yang indah itu. Ini adalah drama-romance, dan The Spectacular Now melakukan kerja dengan baik diawal. Membukanya terlebih dahulu dengan membangun cerita dan membentuk chemistry yang kuat dengan perlahan, tidak terburu-buru langsung ke bagian point-nya. Bagaimana membuat bagian awalnya itu terlihat nyata dan bersahabat serta mengalir dengan santai, dan ketika penonton telah tenggelam dalam ceritanya, barulah bergerak kebagian intinya. Bagian dramanya yang melibatkan diri Sutter sendiri lewat permasalahan dengan orang tua serta sekolahnya. Bagian romansa disini begitu alami, membawa formula lama; perkenalan, pacaran, muncul masalah, penyelesaian masalah; itu bagus, ya walaupun dibeberapa bagian ada yang cenderung predictable atau klise.

Ini adalah coming-of-age, dan sudah hal yang pasti film ini lebih banyak menghadirkan problematika masalah-masalah yang dialami remaja; cinta, sekolah, party, seks, dll. Bagaimana transformasi dan transisi pendewasaan itu berjalan. Memberikan pesan moralnya yang tanpa harus terlihat menggurui. Bicara masalah akting, Miles Teller – yang kita kenal di Rabbit Hole (2010) – bermain dengan bagus lewat penokohannya yang kompleks melibatkan keluarganya dan Shailene Woodley – yang kita kenal di The Descendents (2011) – disini juga hadir sama bagusnya lewat parasnya yang sederhana namun begitu cantik itu. Mereka berdua berakting dengan natural dan meyakinkan, chemistry yang terjalin begitu erat terlihat dari setiap dialog dan adegan romantis yang mereka sampaikan. Semakin bagus ketika momen-momen itu banyak yang di long-shot. Divisi akting lain yang juga bermain cukup baik; Brie Larson, Mary Elizabeth Winstead, Jennifer Jason Liegh, Kyle Chandler, dan Dayo Okeniyi.

Secara keseluruhan The Spectacular Now adalah drama-romance yang bagus. Lagi tahun 2013 menghadirkan film coming-of-age yang mengusung semangat mudanya. Bagaimana film ini mengangkat isu-isu remaja yang begitu dekat dan hangat dengan begitu memikat dalam durasi 95 menitnya. Bersama dengan dari akting natural dan chemistry kuat dari pasangan dua sejoli baru; Miles Teller dan Shailene Woodley. Well, jika melihat judulnya, apakah film ini spektakuler?

7.5/10


No comments:

Post a Comment