February 25, 2014

Nebraska (2013)

“Have a drink with your old man. Be somebody.” – Woody Grant

Nebraska mengisahkan tentang Woody Grant (Bruce Dern) lelaku tua renta yang telah memenangkan sebuah lotre berhadiah 1 juta dollar. Namun anaknya David Grant (Will Forte) telah memberi tahu bahwa hadirah tersebut palsu. Woody tetap bersikeras untuk mengambil hadiah tersebut dengan jalan kaki yang jaraknya tidaklah dekat, sang istri, Kate Grant (Jane Squibb) pun geram dengan sikap suaminya itu. David yang merasa kasihan dengan ayahnya itu pun bersedia mengantarkannya ke tempat pengambilan hadiah.

Film ini disutradarai oleh Alexander Payne (Election, Sideways, About Schmidt, The Descendants), sutradara yang pernah membawakan kita drama-komedi The Descendants tahun 2011 lalu yang berhasil meraih Best Original Screenplay di ajang Oscar. Di Nebraska screenplay-nya ditulis oleh Bob Nelson. Dan seperti film-filmnya Payne sebelumnya, dia yang memang spesialis film tentang hubungan keluarga juga membawa kembali tema tersebut ke Nebraska. Serta juga masih membawa kembali gaya sederhananya yang juga diisi oleh komedi yang sama simplenya. Namun di Nebraska kali ini dia membalutnya dengan sentuhan road-movie.

Selain dari segi cerita yang dibalut oleh road-movie, dari segi visual pun film hadir dengan berbeda yakni dibalut oleh warna hitam putih semata. Disinilah menarik dan uniknya Nebraska, ketika road-movie lain hadir berwarna agar bisa menampilkan keindahan alam selama perjalanannya, Nebraska justru tidak. Dan ini juga justru berhasil memberikan kesan klasik terhadap filmnya yang mana padahal film bersetting masa sekarang. Ketika kakek dan nenek di film ini bercerita mengenai masa lalu mereka, nuansa dan kesan masa lalunya dapet.  Seperti yang saya bilang diatas, Alexander Payne memang ahlinya dalam membuat film tentang keluarga yang tidak biasa dan sederhana. Kisah keluaga di Nebraska lebih ditekankan pada hubungan ayah dan anak. Yang mana disini David sebagai anak tidak hanya sekedar mewujudkan apa yang diinginkan ayahnya semata, namun lebih bagaimana dia ingin memanfaatkan waktu sebaik mungkin agar bisa bersama dengan ayahnya. Karena dia sadar terlalu sibuk untuk bisa menghabiskan waktu bersama sang ayahanda.

Kisah hubungan keluarga itu pun dikemas dengan nuansa komedi. Bagian-bagian komedi yang sebenarnya sederhana namun berhasil dibuat dengan asyik dan berhasil membuat tertawa terbahak-bahak. Nebraska tidak hanya hangat dan lucu, disisi lain juga terasa begitu menyentuh ketika hubungan bapak dan anak di film ini tersaji dalam. Dari divisi akting, karakter dari Bruce Dern yang disini sebagai tokoh sentral dia berhasil mengihdupkan karakter dengan segala gesture dan gaya bicara terlepas dari Dern yang memang orang lanjut usia, nominasi Best Actor Oscar tahun ini untuknya. Will Forte, berhasil mengimbangkan performa seniornya itu. Ada juga Jane Squibb yang hadir dengan mulut tajamnya yang siap memaki siapapun, nominasi Oscar juga untuknya Best Actress.

Secara keseluruhan Nebraska adalah sebuah film drama yang bagus. Bagaimana Alexander Payne sekali lagi memberi kita sebuah sajian drama mengenai keluarga yang begitu sederhana dibalik balutan visual hitam putih serta nuansa komedi dan jajaran divisi akting yang tampil apik dalam durasi 110 menitnya menyusuri jalan-jalan sepi negara bagian Nebraska.

4/5


No comments:

Post a Comment