February 21, 2014

Oldboy (2013)

Bagi yang merasa movie freak tentu judul Oldboy sudah tidak asing lagi terdengar, sebuah film psikologikal thriller dari Korea Selatan yang rilis tahun 2003 silam, berhasil menjadi film yang begitu dihormati. Lalu apa jadinya jika film yang sudah melegenda itu di-remake oleh Hollywood.
Oldboy mengisahkan tentang seorang laki-laki bernama Joe Doucett (Josh Brolin) yang tanpa alasan yang jelas dipenjara oleh orang tak dikenal selama 20 tahun. Dan ketika dia sudah bebas, dia pun disuruh untuk mencari tahu siapa orang yang telah memenjarakannya dan apa alasannya. Dia pun mencari tahu dua hal tersebut dibantu oleh Mary (Elizabeth Olsen). Ternyata orang tersebut adalah Adrian (Sharlto Copley), namun apa sebenarnya alasan Adrian memenjarakan Joe?

Versi remake-nya disutradarai oleh Spike Lee dengan screenplay-nya ditulis oleh Mark Protosevich. Jalan ceritanya tidak jauh berbeda dengan versi original-nya yang disutradarai oleh Park Chan-wook berdasarkan manga berjudul sama itu. Ya, jalan ceritanya masih sama, cuma ada sedikit banyak usaha dari Spike Lee untuk berbeda dari versi original. Atau pun hadirnya banyak penampakan-penampakan yang berkaitan dengan film aslinya yang mungkin ditujukan untuk menghormati versi original-nya. Yang sayangnya usaha-usaha itu tidak terlalu bekerja dengan baik. Sebuah remake tentu tidak bisa lepas untuk tidak membicarakan atau membandingkannya dengan yang original, dan akan membuat orang-orang berpikir sebelah mata.

Well, Oldboy versi remake dari segi tone terlihat ada sedikit berbeda, jika yang original lebih komikal namun tetap tidak kehilangan sisi tegangnya, sedangkan yang remake lebih serius. Selain itu dari segi karakter pun pendalamannya begitu dangkal. Screenplay versi remake ini memang tampak lemah di segala lini. Dan yang paling menyebalkan adalah ketika dua scene favorit saya atau bahkan semua orang yang disini tampak tidak begitu spesial, yakni hammer scene dan ending-nya. Jika di versi original dua scene tersebut dikemas dengan begitu ciamik. Kelahi satu lawan banyak yang one-take di versi asli itu begitu keren dan cantik, sedangkan di versi remake tidak. Ending-nya yang original begitu menegangkan, intens dan menyayat emosi, sedangkan di versi remake datar.

Dari segi teknis, sinematografi arahan Sean Bobbitt dan musik gubahan Roque BaƱos mungkin satu-satunya hal yang acceptable di film ini. Kemudian divisi akting, Josh Brolin memerankan tokoh utamanya menggantikan Choi Min-sik sebagai Daesu di yang original. Jika Min-sik hadir dengan gaya humor namun disisi lain juga gila macam psycho. Sedangkan Brolin disini lebih serius dan kalem, dan disini dia kurang mampu memperlihatkan seseorang yang sudah dipenjara selama 20 tahun. Selanjutnya Sharlto Copley sebagai tokoh antagonisnya menggantikan Ji Tae Yu. Jika di versi original Ji Tae Yu hadir sebagai tokoh yang begitu sadis dengan caranya dan dendam yang begitu besar. Sedangkan di versi remake Copley sebagai musuhnya hadir tidak jelas apakah lebih kearah baik atau jahat. Lalu ada juga karakter-karakter lain macam Elizabeth Olsen dan Samuel L. Jackson yang… ah sudahlah.

Secara keseluruhan Oldboy versi remake ini adalah sebuah film tidak memuaskan, jika tidak mau dibilang jelek. Sebenarnya versi remake dari Spike Lee ini tidak jelek-jelek amat, apalagi bagi yang belum pernah menonton versi original-nya. Tapi ya yang namanya remake pasti selalu bahkan wajib dibandingkan dengan original. Dan hasilnya adalah Oldboy versi remake ini sangat-sangat jauh dari menyamai apalagi menandinigi kualitas versi original-nya yang masterpiece itu.

2.5/5




P.S.: Mulai merasa skeptis terhadap film The Raid: Redemption yang akan di-remake oleh Hollywood nanti.

4 comments:

  1. Agak kesel The Raid pake diremake segala, 2 tahun aja belom umurnya. D:

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya begitulah Hollywood nggak mau belajar dari kesalahan yang sudah-sudah apa.

      Delete
  2. Bang camel man, numpang "promosi" ya hehehe
    Teman-teman semua minta bantuan buat VOTE filmku ya, caranya gampang:
    1. Login ke buronanfilm.com (bisa pake fb, twitter atau bikin akun baru disitu)
    2. Terus buka halaman judul filmku
    3. Di halaman itu ada gambar jempol kayak like fb diklik aja

    Ini link halaman film-filmnya:
    HORN : https://buronanfilm.com/id/showcase/horn/
    SOULCASE: https://buronanfilm.com/id/showcase/soulcase/
    WHO'S ALL ALONE: https://buronanfilm.com/id/showcase/whos-all-alone/
    WITNESSES : https://buronanfilm.com/id/showcase/witnesses/
    F(R)ICTION: https://buronanfilm.com/id/showcase/friction/
    HAPPY BIRTHDAY : https://buronanfilm.com/id/showcase/happy-birthday/

    Mohon banget bantuannya dan makasih ya (pemenang diambil 3 besar dengan vote terbanyak & akan diproduksi filmnya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiah dipanggil bang.
      Iya, semoga sukses projeknya!

      Delete