February 15, 2014

The LEGO Movie (2014)

“If this relationship is going to work out between us I need to feel free to party with a bunch of strangers whenever I felt like it. I will text you.” – Batman

The LEGO Movie mengisahkan tentang Emmet (Chris Pratt) seorang pekerja konstruksi yang tanpa sengaja menemukan Piece of Resistance, yakni sebuah benda yang dapat membawanya pada suatu yang berbeda. Suatu hari dia pun di tahan oleh Bad Cop (Liam Nesson) karena suruhan Lord Business (Will Ferrell). Disana Emmet mengetahui bahwa Lord Business hendak menghancurkan dunia dengan sebuah senjata bernama Kragle. Sampai seorang wanita bernama Wyldstyle (Elizabeth Banks) menyelamatkannya dan membawanya kepada Vitruvius (Morgan Freeman). Mulai saat itulah Emmet mencoba untuk menyelamatkan dunia dari ancaman berbahaya Kragle.

Film animasi ini disutradarai oleh duo Phil Lord dan Chris Miller. Duet sutradara yang pernah membawa kita animasi Cloudy with a Chance of Meatballs (2009) dan komedi 21 Jump Street (2012) ini juga bertindak sebagai penulis screenplay-nya. Mereka coba membawa mainan LEGO yang sering kita mainkan dulu semasa kecil ke media layar lebar. Mengeksplorasi dan mengkreasikan imajinasinya dengan membentuk suatu plot penceritaan yang seiring berjalan punya pengembangan cerita lain. Ini seperti yang sudah dilakukan Transformers (2007) dan Battleship (2012), yang juga sama-sama film berdasarkan mainan. The LEGO Movie mengusung konsep stop motion yakni dengan gerakan patah-patah kaku, semua set-nya juga dibuat seolah-olah memang dunia LEGO, mulai dari karakternya, bangunan, dan ornamen lain dibuat seperti terbuat dari kepingan-kepingan plastik LEGO.

The LEGO Movie punya ritme yang cukup cepat serta tone yang begitu menyenangkan dan berwarna, apalagi itu dibumbui dengan komedinya yang berhasil, walau sesekali sempat terasa datar. Well, dengan konsep dan penceritaannya yang kreatif dan menarik ini sedikit banyak mengingatkan saya dengan Toy Story (1995) dan Wreck-It Ralph (2012), yang mana mereka sama-sama film yang mempunyai cerita bahwa suatu mainan dan permainan mempunyai kehidupan dan dunia sendiri. Satu lagi yang menarik The LEGO Movie adalah kejutan yang dihadirkan ketika banyak hadir karakter-karakter dari film-film terkenal seperti Superman, Batman, Green Lantern, Wonder Man, karakter dari Star Wars dan karakter-karakter lainnya. Dari divisi pengisi suara, The LEGO Movie punya segudang aktor dan aktris yang dengan bagus menjalankan tugasnya dimana berhasil menghidupkan setiap karakternya  sebut saja nama-nama seperti Chris Pratt, Will Ferrell, Elizabeth Banks, Nick Offerman, Liam Nesson, Will Arnet, Morgan Freeman, Charlie Day, hingga Channing Tatum, Jonah Hill, Cobie Smulders, Alison Brie, Dave Franco bahkan pebasket Shaquille O’Neal pun turut ikut serta sebagai pengisi suara.

Secara keseluruhan The LEGO Movie adalah sajian film animasi yang bagus. Bagaimana duet Phil Lord dan Chris Miller membawa kita pada imajinasi masa kecil lewat mainan LEGO, masuk ke dalam zona nostalgia mengingat kembali kenangan masa kecil itu bagi siapa saja yang pernah memainkannya. Apalagi itu didukung oleh jajaran pengisi suara yang mengisi suara dengan apik. Semakin menarik ketika diberi kejutan-kejutan lewat karakternya.

3.5/5


No comments:

Post a Comment