January 28, 2016

May Who (2015)


Chayanop Boonprakob. Mungkin nama ini sudah familiar terdengar di telinga bagi kalian yang suka film-film Thailand, genre romantic-comedy khususnya. Yap dia adalah sutradara SuckSeed (2011), salah satu film coming-of-age favorit saya. Dan sekarang dia menelurkan film lagi setelah 4 tahun kemudian berjudul May Who.

Film yang berjudul asli May Nai Fai Rang Frer ini mengisahkan tentang Pong (Bank Thiti) seorang nerd tidak begitu terkanal di sekolahnya yang memendam perasaan kepada Mink (Frung Narikun) seorang gadis popular. Di sisi lain ada May (Sutatta Udomsilp) yang bernasib sama dengan Pong, juga menyukai pria popular Fame (Tor Thanapob). Namun ada satu yang dirahasiakan May, yakni bahwa tubuhnya bisa mengeluarkan arus listrik ketika detak jantungnya berdetak cepat. Namun secara tidak sengaja Pong mengetahui rahasia May. Akankah Pong menjaga rahasia May??

Diproduksi oleh GMM Tai Hub (GTH), production house yang memang sudah mengeluarkan film-film hits Thailand baik itu horror ataupun rom-com, macam dwilogi Phobia, Crazy Little Thing Called Love, Hello Strangers, ATM Er Rak Error, dll. Sama seperti film terdahulunya, May Who masih menawarkan gimmick cerita yang dipenuhi kekonyolan dan kelebayan berpadu dengan sisi komedik dan romansanya. Humor-humor khas negeri gajah putih yang sebenarnya sederhana namun absurd yang kadang tidak masuk akal namun begitu jitu membuat penontonnya tertawa, terlebih kultur Thailand yang sama dengan Indonesia memang akan mudah mencerna jokenya. Tanpa kelewat komikal, pun juga sisi romantisnya tetap berjalan beriringan. Momen-momen sweet hubungan antar karakternya terasa begitu humanis.

Cuman yang berbeda adalah ada balutan tema science-fiction di dalamnya serta menambah sedikit bumbu teori elektrisitas yang gampang dicerna. Yang lebih menarik lagi, May Who menyematkan animasi dari cerita fantasi komik yang dibuat Pong. Itu tidak hanya sekedar hiasan belaka, namun membantu dalam development storynya. Sisi romansanya memang akan menjadi highlight tersendiri, karena setiap jalinan cinta yang di sini pasti pernah dirasakan semua orang, seperti cinta pertama, friend zone, pengagum rahasia, cinta ditolak, dll. All in all, May Who adalah sajian Thai romantic-comedy yang  bagus dari Chayanop Boonprakob, film yang begitu enjoyable dan layak masuk dalam kategori film yang rewatchable kelak. 3.5/5


No comments:

Post a Comment