January 23, 2016

Mistress America (2015)


Mistress America mengisahkan tentang Tracy (Lola Kirme) seorang mahasiswi yang baru saja memulai masa kuliahnya di universitas. Namun Tracy merasa lonely dan belum bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya. Kemudian ibunya merekomendasikan Tracy untuk bertemu calon kakak tirinya seorang wanita muda, enerjik, dan penuh passion pada bisnis, Brooke (Greta Gerwig) untuk membantunya melewati masa sulit tersebut.

Disutradarai oleh Noah Baumbach (Greeenberg, Frances Ha) membawa serta aktris langganannya Greta Gerwig, they wrote the script together. Yah seperti kebanyakan filmnya Noah yang selalu segmented dan dipenuhi dengan dialog-dialog mumblecore, sahut-menyahut dialog antar karakternya. Dialog itu juga mostly dijalankan dengan scene yang cukup panjang mengalir. Dan tetap sama seperti film Noah yang lain, fokus ceritanya bertumpu pada proses pencarian diri dan keterjebakkan masalah pribadi dari pemeran utamanya, in this case is Tracy. Greta Gerwig dan Lola Kirke punya chemistry yang terbangun dengan bagus dalam hubungan sisterhood mereka, from strangers to sisters. Mereka berdua mampu menghidupkan karakternya. Anyway Lola Kirke di sini adorable banget.

Oh iya, btw paruh pertama hingga mendekati menit-menit akhir saya suka, tapi entah kenapa ketika konflik didatangkan – spoiler: ketika semua orang membaca cerita pendek Tracy tentang Brooke – berasa awkward gimana gitu ya, aneh aja gitu feelnya. Terus komedinya juga agak nanggung, I still like Frances Ha’s jokes, mungkin sayanya aja yang nggak paham joke joke orang Amerika sana yah. Meanwhile, Mistress America juga dihiasi scoring unik arahan Dean Wareham dan Britta Phillips, bebunyian instrumental tunes plus iringan synth ala tahun 80an yang asyik banget. 3/5

No comments:

Post a Comment