January 25, 2016

Unfriended (2015)


Membuat film bergenre horror sekarang ini memang cukup susah. Susah karena sulit membuat ide cerita yang baru. Saya belum menonton It Follows, yang katanya best horror of last year, I’ll watch it asap. But Unfriended steals my attention.

Unfriended mengisahkan tentang lima sekawan; Blaire (Shelley Hennig), Mitch (Moses Jacob Storm), Jess (Renee Olstead), Adam (Will Peltz), dan Ken (Jacob Wysocki) yang sedang asyik ngobrol via Skype. Tiba-tiba ada satu akun bernama billie227 tanpa diundang ikut obrolan mereka mengaku Laura Barns, teman mereka yang beberapa waktu lalu bunuh diri akibat korban cyberbullying. Laura seperti membalas dendam dan meneror mereka berlima.

Mengambil pendekatan found footage yang berbeda dari kebanyakan, nggak pakai shaky mockumentary kayak yang lain, namun laptop’s screen. Tema yang diambil adalah cyberbullying. Apa yang membuat Unfriended berhasil untuk saya adalah karena saya menontonnya lewat layar laptop, seolah-olah terror itu juga terasa kepada saya, dan akan lebih mantap lagi kalau menontonnya dengan mematikan lampu seperti yang dilakukan para karakter di film ini. Hal-hal yang ada di sini pun sangat dekat dengan kita; Google, Skype, Youtube, Facebook, dll. Racikan horrornya pula bukan karena sound effect picisan yang tiba-tiba mencekam terus kaget ketakutan, namun memang karena rasa kedekatan dan ketegangan dari teror yang ditimbulkan. Kudos buat script yang ditulis Nelson Greaves dan penyutradaraan apik Leo Gabriadze.

Btw, Unfriended ini one long take loh dalam durasi 83 menitnya, in a real time. Memang ada beberapa annoying things yang bakal dirasain disini: “kenapa nggak diunfriend aja”, “kenapa nggak matiin aja laptopnya”. Beberapa hal pun tidak terlalu jelas seperti siapa penerornya, entah itu peretasan atau supranatural. Dan kembali ke tema awalnya; cyberbullying, inilah mungkin nilai plus dari Unfriended, pesannya begitu tersampaikan. Apa yang saya tangkap di sini adalah bahwa anak muda zaman sekarang di era globalisasi ini tidak bisa lepas dari yang namanya internet, they are addicted, whether in positive or negative way. Well Unfriended adalah sebuah sajian horror yang bagus dan inovatif untuk sebuah low budget film, walau masih ada beberapa nilai minus. Diisi oleh aktor dan aktris yang tidak terlalu familiar namun bermain apik. Ini adalah sebuah nafas baru dalam dunia film indie dunia, khususnya horror. 4/5


No comments:

Post a Comment